Pengembangan Media Pembelajaran Pasca Kerta pada Materi Kerajaan Nusantara di Kelas IV SD
(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini membahas bagaimana pengembangan media papan scrabble kerajaan nusantara (PASCA KERTA) pada materi kerajaan nusantara pada siswa di kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangan media pembelajaran PASCA KERTA pada materi kerajaan nusantara di kelas IV SD. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model ADDIE yang prosesnya terdiri atas tahapan berikut. Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yaitu SDN 2 Sukarasa, dan SDN 3 Sukarasa dengan jumlah keseluruhan 15 siswa. Penelitian ini terdapat 1 tahapan yaitu angket respon siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli, tes, dan angket. Hasil pengembangan media pembelajaran PASCA KERTA memperoleh keterangan sangat baik dengan memperoleh persentase 93 % menurut ahli media, sedangkan dari validasi materi pada media PASCA KERTA memperoleh keterangan sangat baik menurut validasi ahli materi dengan persentase 100% sedangkan validasi bahasa pada media PASCA KERTA memperoleh nilai dengan keterangan baik dengan persentase 93%. Hasil penilaian angket respon siswa terhadap media PASCA KERTA untuk kelompok kecil memperoleh pessentase 97% dengan keterangan sangat baik dan kelompok besar memperoleh persentase 93 % dengan keterangan sangat baik.
Keywords
References
Ahmad Suryadi dkk. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah. CV Jejak.
Aisyah, F. N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Scrabble Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, 1–70.
Andi Asrafiani Arafah, Sukriadi, S., & Auliaul Fitrah Samsuddin. (2023). Implikasi Teori Belajar Konstruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Angi St Anggari, Afriki, Dara Retno Wulan, Nuniek Puspitawati, Lely Mifthachul Khasanah, dan S. H. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 5 Pahlawanku. Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7).
Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
Asnawati, A. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Untuk Menggunakan Media Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Sd Negeri 63 Pekanbaru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 44–58.
Astrid Adisty, R. K. (2021). Pengembangan Media Scrabble Pola untuk Kemampuan Mengenal Pola ABCD-ABCD Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 23–34.
Darnila, E., Zakaria, M., & Widari, L. A. (2023). Implementasi Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Pada Pelajaran PAI Untuk Motivasi Belajar Santri Kelas I Pasantren Terpadu Syamsuddhuha Kecamatan Dewantara Aceh Utara, 2(2), 517–522.
Dewi Listiana & Endang Fauziati (2021), Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Kontruktivisme Vygotsky, Jurnal Jpapeda Vol 3, No 2.
Faturrokhman, R. (2024). Media Pembelajaran Interaktif Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa Di Sekolah Smk Pembangunan. Jip, 2(4), 713–721.
Febriawati, U. F., & Arikunto, S. (2018). Pengembangan Media Scrabble Untuk Mendukung Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Krama Siswa Kelas 5 Sd Negeri 2 Petir Bantul. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 1(2), 151.
Hardianti, F. (2019). Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B, 3(01), 1–154.
Hati, I. P., Tarbiah, F., Keguruan, D. A. N., Negeri, U. I., & Lampung, R. I. (2023). Penerapan Permainan Scrabble Untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di Tk Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung, 30.
Ibrahim, M. A., Fauzan, M. lufti Y., Raihan, P., Nuriyah, S., Nurhadi, Setiawan, U., & Destiyani, ustika N. (2022). Jenis, Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran, 4(8.5.2017).
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2(1), 19.
Insiyah, I., Wiryokusumo, I., & Fatirul, A. N. (2021). Pengaruh Scrabble Versus Petualangan Maharaja Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 13(2), 117.
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.
Kusumaningtyas, I., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Media Scrabble untuk Meningkatkan Procedural Fluency Matematika Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 300–314.
Lekat, L., Zulkarnaian, R., & Jasma, S. (2020). Metode Pembelajaran Online Paket C. Journal Of Lifelong Learning, 3(1), 13–23.
Mahmudah, R. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “SCRABBLE BERBARCODE” PADA MATERI BENTUK KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR, 10, 881–890.
Maulida, I. (2022). Penggunaan Media Scrabble Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab (Studi Kasus Di SMP IT AL-ISHLAH MAROS). E-Tech, 19–20.
Mubasyira, M., & Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X, SMA Tugu Ibu, Depok, Jawa Barat. Deiksis, 9(03), 323.
Mulyanto, S., & Mustadi, A. (2023). Media Pembelajaran Power Point Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 110–116.
Nurlaila, Prihatni, Y., & Wahyuningsih, P.H. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (lks) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika- COMPTON, 4(2), 43-48.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Perdana. (2018). Permainan Scrabble Modifikasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunagrahita Ringan di SLB C. Jurnal Pendidikan Khusus, 53(9), 1689–1699.
Purwanto, R. (2021). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah Terhadap Mutu dan Kualitas Sekolah di SD Negeri Soko. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(4), 151–160.
Sapriya. (2019). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Septiani, D. (2023). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Akuntansi Pada Masa Covid-19 di SMK Bintang Nusantara Kota Tangerang Selatan. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 6(1), 1–10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Edisi Regu). PT. Remaja Rosdakarya.
Wulandari, C. F., Marinia, A., & Imaningtyas. (2023). Pengembangan Media Audio-Visual Animasi Berbasis Problem-Based Learning Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Educational Technology Journal), 3(1), 29–39.
Yayan Alpian, M. P., Sri Wulan Anggraeni, M. P., Wiharti., U., & Soleha., N. M. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 53(1), 1689–1699.
Yeni, D. F., Rahmatika, D., Muriani, M., & Armi Eka Putri, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Hasil Belajar Siswa. Edu Journal Innovation in Learning and Education, 1(2), 93–102.
Yuanita, E. (2018). Pengaruh Media Scrabble Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar Scrabble Use on English Vocabulary Mastery for Elementary Students. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(4), 356–364.
Yulia Siska, (2016), Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Untuk SD/MI, Yogyakarta: Garudhawaca, hlm. 6.
Article Metrics
Abstract View : 0 timesPDF Download : 0 times
DOI: 10.57235/hemat.v2i1.5157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Indra Nugraha, Yopa Taufik Saleh, Nandini Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.