Studi Literature: Analisis Pengaruh Aplikasi Interaktif Digital Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar
(1) Universitas Pelita Bangsa
(2) Universitas Pelita Bangsa
(3) Universitas Pelita Bangsa
(4) Universitas Pelita Bangsa
Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan aplikasi interaktif digital terhadap peningkatan motivasi belajar siswa di tingkat pendidikan dasar. Di era digital, pembelajaran membutuhkan pendekatan inovatif yang melibatkan teknologi untuk menarik minat siswa. Aplikasi interaktif seperti Wordwall, Canva, Google Classroom dan platform lainnya, mampu meningkatkan motivasi siswa dengan menyajikan materi secara menarik dan personal. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber seperti jurnal, artikel ilmiah, dan buku teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi interaktif berkontribusi positif terhadap motivasi belajar siswa melalui fitur seperti visualisasi menarik, elemen permainan, dan fleksibilitas belajar. Namun, hambatan seperti ketergantungan pada koneksi internet, kesenjangan akses teknologi, dan potensi distraksi harus diperhatikan. Penelitian ini menegaskan pentingnya penggunaan aplikasi interaktif sebagai alat pendukung pembelajaran yang efektif di sekolah dasar.
Keywords
References
Amelia, F. N., Utama, C. (2024). TikTok: Media Edukasi atau Distraksi? Studi Literatur tentang Pengaruhnya terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Nusantara.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Agnia, A., dkk. (2022). Penggunaan Aplikasi Baamboozle untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Mazda, C. N., & Fikria, A. N. (2021). Analisis Efektifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications, 3(2), 1-9.
McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. Cambridge: Cambridge University Press.
Rahayu, H. S., Luswati, N. T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan.
Safira, R. F., & Nahdi, D. S. (2024). Keragaman Perangkat Lunak Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Madinasika, 5(2), 68-77.
Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Apps Creator (SAC). Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), Jakarta, 30 Januari 2024.
Slavin, R. E. (2011). Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Pearson.
Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.
Article Metrics
Abstract View : 0 timesPDF Download : 0 times
DOI: 10.57235/hemat.v2i1.5247
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Awalina Barakah, Nida Ul Husna Rabbani, Citra Cahyani, Reinald Fahrezzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.