Pengembangan Komik Sejarah (KOMIRAH) pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Annisa Annisa(1), Guslinda Guslinda(2), Gustimal Witri(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Komik Sejarah (Komirah) pada pembelajaran Pendidikan Pancasila unuk sisa kelas V Sekolah Dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan Pengembangan menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D atau 4-D Models. Model 4D atau Four-D Models dilakukan dengan 4 tahapan utama, yaitu define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Pada pengumpulan data peneliti menggunakan lembar validasi dan angket tanggapan respon siswa serta guru dengan skala 1-4. Berdasarkan hasil uji validasi yang dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu validator media, validator materi, dan validator bahasa diperoleh produk berkategori sangat layak dengan persentase rata-rata validasi keseluruhan yaitu 91,67%. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba terbatas yang dilakukan oleh 1orang guru dan 21 orang siswa kelas V SD Negeri 188 Pekanbaru diperoleh produk yang berkategori sangat praktis dengan persentase rata-rata hasil uji terbatas oleh guru yaitu 96,25% dengan kategori sangat praktis dan persentase rata-rata hasil uji terbatas oleh siswa yaitu 93,33% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, berdasarkan hasil validasi oleh 3 orang validator, yaitu validator ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa serta uji coba produk oleh 1 orang guru dan 21 orang siswa kelas V SD Negeri 188 Pekanbaru dapat diambil kesimpulan bahwa produk media KOMIRAH (Komik Sejarah) yang dikembangkan sudah memenuhi kategori penilaian yang layak dan praktis.


Keywords


Pengembangan Media Komik; Sejarah ;Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

References


Kustandi, & Dermawan. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran.

Naisau, P. B., Jampel, I. N., & Suartama, I. K. (2021). Media Permainan Ludo Word Game Dalam Pembelajaran Kooperatif Stad Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp. 8(1), 158–166.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 0 times
PDF Download : 0 times

DOI: 10.57235/hemat.v2i1.5287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Annisa Annisa, Guslinda Guslinda, Gustimal Witri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.