Tingkat Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Kecerdasan Sosial Remaja

Syarmila Syarmila(1), Daeng Ayub(2), Ria Rizkia Alvi(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini mengangkat masalah tentang pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial remaja di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial remaja di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah remaja usia 17-19 tahun di kampung maredan barat yang berjumlah 343 orang dengan sampel penelitian 185 orang, lalu digunakan tools Microsoft Excel dan SPSS versi 23 untuk menyelesaikan proses penelitian serta penggunaan metode teknik analisis data statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil uji statistik di ketahui adanya pengaruh penggunaan media sosial terhadap kecerdasan sosial remaja di Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak sebesar 28,01.


Keywords


Media Sosial, Kecerdasan Sosial

References


Ayub, M. (2022). Dampak Sosiial Meidiia Teirhadap Iinteiraksii Sosiial Pada Reimaja.

Gardneir, Howard. Multiiplei Iinteilliigeinceis: Meimaksiimalkan poteinsii dan Keiceirdasan Iindiiviidu darii masa Kanak-Kanak Hiingga Deiwasa. Teirjeimah, Jakarta: Daras Books, 2013.

Iikawatii, L. (2018). Peingaruh Meidiia Sosiial teirhadap Tiindak Keijahatan Reimaja. Syariiatii: Jurnal Studii Al-Qur'an dan Hukum, 4(02), 223-232.

Judiitha, Chriistiiyanii,2011. Hubungan Peinggunaan Siitus Jeijariing Sosiial Faceibook Teirhadap Peiriilaku Reimaja Dii Kota Makassar. Jurnal. Makasar.

Kajiian Siisteimatiik. Jurnal Peineiliitiian Biimbiingan dan Konseiliing, 7(1).

Putra, Ei. D., & Nurtjahjantii, H. (2018).Hubungan Antara Keiceirdasan Sosiial Deingan Organiizatiional Ciitiizeinshiip Beihaviior Pada Karyawan PT. Teilkom Iindoneisiia Reigiional IiV Jawa Teingah dan dii Yogyakarta. Jurnal Eimpatii, 6(4), 209-230.

Santoso, R. (2017). Peingaruh Keiceirdasan Fiinansiial dan Keiceirdasan Sosiial Teirhadap Kiineirja Iindustrii Keiciil dan Meineingah (IiKM) dii Surabaya.

Sugiiyono.(2018). Meitodei Peineiliitiian Kuantiitatiif Kualiitatiif dan R&D. Bandung. Alfabeita.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 170 times
PDF Download : 163 times

DOI: 10.57235/ijedr.v1i2.1214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syarmila Syarmila, Daeng Ayub, Ria Rizkia Alvi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.