Analisis Permasalahan Sikap Konstitusional di Kalangan Siswa Sekolah Menengah Pertama Implikasi terhadap Pendidikan Kewarganegaraan

Sri Yunita(1), Suci Nurul Akhwatni Saragi(2), Enjelina Vincere Sihombing(3), Ines Manalu(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan sikap konstitusional di kalangan siswa SMP dan mengidentifikasi implikasi dari permasalahan tersebut terhadap pendidikan kewarganegaraan. Metode penelitian melibatkan pengamatan langsung dan penyebaran angket kepada 32 siswa kelas 9 SMP sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya sejumlah masalah sikap konstitusional, termasuk ketidakdisiplinan saat belajar, kurangnya pengetahuan tentang konstitusi, ketidakpatuhan terhadap aturan, kecenderungan keributan, dan kurangnya sikap positif yang mencerminkan konstitusional di kalangan siswa SMP. Implikasi dari temuan ini sangat relevan dengan pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Permasalahan sikap konstitusional yang diidentifikasi dalam penelitian ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam kurikulum dan metode pengajaran kewarganegaraan. Diperlukan upaya yang lebih besar untuk memastikan bahwa siswa memahami nilai-nilai konstitusional, kewarganegaraan yang aktif, dan tanggung jawab mereka sebagai warga negara. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk perluasan dan perbaikan pendidikan kewarganegaraan di tingkat SMP.


Keywords


Sikap Konstitusional, Siswa SMP, Pendidikan Kewarganegaraan, Analisis Implikasi

References


Abidin, Z. (2019). Pendidikan Demokrasi dalam Membentuk Karakter Bangsa. Penerbit PT Bumi Aksara.

Daradjat, Z. (2021). Etika Politik: Refleksi Pemikiran Etis dalam Politik. Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia.

Effendi, D. T., & Ichsan, M. (2020). Pendidikan Demokrasi: Teori, Kebijakan, dan Praktik. Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Firdaus, R. (2018). Pemahaman Pemuda terhadap Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 1-12.

Hasan, I. (2018). Hak Asasi Manusia: Teori dan Praktek dalam Bingkai Pancasila. Penerbit PT Kompas Media Nusantara.

Hosen, N. (2018). Hukum Tata Negara Indonesia: Refleksi Kritis pada Undang-Undang Dasar 1945. Penerbit PT Genta Publishing.

Ichsan, M. (2019). Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Konstitusi: Pemikiran Hukum Tata Negara. Penerbit PT Kompas Media Nusantara.

Imron, A. (2018). Pendidikan Demokrasi: Teori dan Praktik. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Ismoyo, A. A. (2019). Politik Hukum dalam Dinamika Tata Negara Indonesia. Penerbit PT Citra Aditya Bakti.

Kuntjoro, W., & Nurkholis, N. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia: Perkembangan, Kendala, dan Prospek. Penerbit PT Kompas Media Nusantara.

Kusuma, M. A. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 123-135.

Mahendra, H. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Memantapkan Karakter Bangsa. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Munawaroh, U., & Khumaedi. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mengembangkan Kesadaran Berpolitik di Sekolah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 43-52.

Narwoko, J. D. (2019). Masyarakat Sipil, Demokrasi, dan Partisipasi Publik. Penerbit PT Kompas Media Nusantara.

Prabowo, A. R. (2018). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(2), 105-114.

Pratiwi, V. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Penerbit Prenada Media.

Purwadi. (2018). Konstitusi, Demokrasi, dan Keadilan: Tinjauan atas Undang-Undang Dasar 1945. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Rachmawati, D. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mewujudkan Warga Negara yang Demokratis: Panduan Implementasi Kurikulum 2013. Penerbit PT Bumi Aksara.

Rasyid, M. M., & Kurniawan, B. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Membentuk Warga Negara yang Demokratis. Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Soetarno, T. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan yang Humanis: Panduan bagi Guru dan Calon Guru. Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Sudirman, S. (2018). Hak Asasi Manusia dalam Hukum Tata Negara Indonesia. Penerbit PT Citra Aditya Bakti.

Sugiarto, B. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Generasi Muda. PT Prenada Media.

Tilaar, H. A. R. (2020). Pembaharuan Pendidikan di Indonesia: Mencari Arah Baru. Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia.

Wahyuni, S. (2020). Demokrasi dan Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Wibisono, S. (2018). Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia: Tantangan Implementasi dalam Konteks Indonesia. Penerbit PT Prenada Media.

Widjajanti, N. (2018). Politik Hukum Tata Negara dalam Era Reformasi. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.

Wijaya, B. (2020). Demokrasi dan Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Masyarakat Demokratis di Era Digital. Penerbit PT RajaGrafindo Persada.

Yusuf, M. (2019). Konstitusi dan Konstitusionalisme: Pemikiran Konstitusi 1945 dan Era Reformasi. Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia.

Yusuf, M., & Hosen, N. (2019). Hak Asasi Manusia dan Demokrasi: Perbandingan Perspektif Hukum dan Politik. Penerbit PT Rajagrafindo Persada.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 535 times
PDF Download : 167 times

DOI: 10.57235/ijedr.v1i2.1221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Yunita, Suci Nurul Akhwatni Saragi, Enjelina Vincere Sihombing, Ines Manalu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.