Pengembangan Media KIT Kebhinnekaan Untuk Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Khusnul Imroatus Sholikah(1), Arik Cahyani(2), Ida Putri Rarasati(3),


(1) Universitas Islam Balitar
(2) Universitas Islam Balitar
(3) Universitas Islam Balitar
Corresponding Author

Abstract


Media pembelajaran merupakan sarana atau alat bagi guru yang digunakan untuk menyampaikan
informasi berupa materi pembelajaran kepada siswa yang terdiri dari buku, film maupun video.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada guru PPKn terdapat beberapa kendala yang dialami seperti siswa yang pasif kurang memperhatikan materi yang telah disampaikan, bersikap acuh dan bergurau. Selain itu, kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru karena adanya keterbatasan dalam sarana pembelajaran. Berdasarkan hasil penyebaran angket analisis kebutuhan siswa menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik menggunakan media pembelajaran berbasis android dan siswa kurang memahami materi pembelajaran pada materi Bhinneka Tunggal Ika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media Kit Kebhinnekaan pada pelajaran PPKn kelas X dan mengetahui keterbacaan guru terhadap media Kit Kebhinnekaan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan 7 tahap menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Subyek penelitian adalah guru PPKn dan siswa kelas X di SMAN 1 Kota Blitar tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket dan wawancara. Peneliti mengembangkan media pembelajaran berbentuk kartu terdapat kode barcode yang dapat diakses oleh peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa uji keterbacaan siswa sebanyak 85,8% dan uji keterbacaan guru sebanyak 86,6% termasuk dalam rentang >81% dengan kriteria “sangat baik”, artinya media pembelajaran Kit sudah mencapai kriteria dapat terbaca dan dapat digunakan untuk pembelajaran PPKn.


Keywords


Media, Kit Seri Kebhinnekaan, Pembelajaran PPKn

References


Adam. Steffi Adam dan Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.

Anggraini, E. Y., Santoso, M., & Rarasati, I. P. 2022. Pengembangan Media Mobile Learning Pelajar Nusantara Untuk Pembelajaran PPKn SMA/SMK/MA Kelas X. Jurnal: Program studi pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas islam Balitar

Arsyad, A. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayat A., Eny Enawaty dan Lukman Hadi. 2022. Pengembangan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) pada Topik Pengenalan Alat dan Bahan Laboratorium Kimia SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Tanjungpura.

Jelita, Y., Dewi Handayani, dan Nadia Amida. 2021. Pengembangan Kit (Komponen Instrumen Terpadu) Praktikum Kimia Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia.

Muhammad Ersad. 2016. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan di madrasah”.

Pambudi, L. B. A., Rahagiyanto, A., & Suyoso, G. E. J. 2020. Implementasi QR-Code untuk Efisiensi Waktu. BIOS: Jurnal Teknologi Informasi dan Rekayasa Komputer.

Primasari, Rosita Zulfiana dan Yanti Herlanti. 2014. “Penggunaan Media Pembelajaran MAN Se-Jakarta Selatan”

Rasyid, Nefrisa & Relsas, Y. 2022. Analisis Kebutuhan: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk APK (Android Packaging Kit) Untuk SMA/MA. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Silahuddin. 2014. “Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan Islam (Antara Harapan dan Kenyataan).” Jurnal Mudarrisuna.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Syadih Sukmadinata, Nanan. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Utari, A. A & Hidayatullah, S. P., 2019. Manfaat ICT Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 120 times
PDF Download : 67 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Khusnul Imroatus Sholikah, Arik Cahyani, Ida Putri Rarasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.