Budaya Sekolah Dalam Penanaman Nilai Moral pada Peserta Didik Dengan Konsep Cyber Pedagogy di SMA Negeri 3 Medan

Yana Sebha Pasaribu(1), Qori Taliyah(2), Putri Andini(3), Jamaludin Jamaludin(4), Sri Yunita(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian dengan judul Budaya sekolah dalam penanaman nilai dan moral pada peserta didik melalui konsep Cyber pedagogy bertujuan untuk mengetahui apakah guru sebagai tenaga pengajar sudah menerapkan pembelajaran berbasis teknologi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi masa kini. Tren pendidikan era 4.0 diperkuat oleh peningkatan kemajuan digital dalam proses belajar mengajar, memberikan peserta didik banyak bekal kepada pembelajar dengan berbagai karakter media (atribut digital) yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. yang berbeda-beda sehingga menciptakan kelebihan dan kelemahannya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 3 Medan, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, Cyber pedagogy sering digunakan diberbagai mata pelajaran disekolah akan tetapi ada kendala berupa keterbatasan jaringan internet. Keuntungan dari adanya cyber pedagogy bagi guru dan peserta didik adalah mempermudah guru dalam mengakases bahan materi pembelajaran dan memantik semangat belajar peserta didik. Adanya Cyber Pedagogy memiliki manfaat dalam pengembangan nilai dan moral di SMA Negeri 3 Medan dengan adanya video, artikel berita, artikel jurnal dan aplikasi-aplikasi yang bermanfaat yang diambil dari internet dan diaplikasikan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Keywords


Budaya, Karakter, Cyber Pedagogy

References


Fauziah, E., Fauziyyah, I., Ati, S., & Guru Sekolah Dasar, P. (2021). Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0.

Firdaus Syafi, F. (2021). Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak.

Hidayah, N., Yanti, Y., Puja Wati, A., & Islam Negeri Raden Intan Lampung, U. (2020). Peran Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Budaya Sekolah.

Kebijakan, J., & Pendidikan, P. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sdn Bandungrejosari 1 Malang. 6(1), 22–33. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jkpp

Riadi, A. (2018). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah.

Ruslan, R. E. N. A. (2016). penanaman nilai-nilai moral pada siswa di SD Negeri Lampaeuneurut. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD, 1, 68–77.

Sarjito, A. (n.d.). Model Kepemimpinan Digital Di Era Revolusi Industri 4.0.

Sri yunita, J. F. (2022). Inovasi Pembelajaran PKN Menyongsong Profil Calon Guru Masa Depan


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 113 times
PDF Download : 71 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Yana Sebha Pasaribu, Qori Taliyah, Putri Andini, Jamaludin Jamaludin, Sri Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.