Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

khoerunisa Abdurahman(1), Patra Aghtiar Rakhman(2), Siti Rokmanah(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Motivasi menjadi suatu dasar adanya semangat seseorang untuk melakukan sesuatu. Motivasi belajar juga memiliki peran penting yang sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Dengan terdapatnya motivasi belajar pada peserta didik, peserta didik dapat mengembangkan aktivitas dan memiliki inisiatifnya tersendiri, senantiasa meningkatkan dan memelihara ketekunan belajar. Dengan memiliki motivasi belajar yang tinggi pula, dapat membuat peserta didik lebih bersemangat belajar. Motivasi belajar yang tinggi diharapkan mampu membawa peserta didik mencapai prestasi belajar yang mereka inginkan dengan maksimal. Selain itu pendidik juga memiliki peran penting untuk menumbuhkan motivasi belajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui seberapa pentingnya motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif.


Keywords


Motivasi, Hasil Belajar, Peserta Didik

References


Kosilah, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1142.

Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 64.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 291.

Rohmah, A. N. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Cendekia, 194.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 75-80.

Yudha, A. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2. Jurnal Handayani, 151.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 146 times
PDF Download : 82 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 khoerunisa Durahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.