Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Tipe Peer Instruction Flipped Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik di Mtsn 4 Lebak
![](https://obsesi.or.id/public/amplop.jpg)
(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
![](https://obsesi.or.id/public/amplop.jpg)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning terhadap meningkatnya partisipasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX B dan IX C di MTsN 4 Lebak. Dalam penelitian ini, diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas eksperimen yaitu kelas IX Bdan kelas kontrol yaitu kelas IX C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, angket partisispasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning dapat mempengaruhi meningkatnya partisipasi belajar pesrta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai perolehan korelasi product moment dan nilai analisis regresi sederhana. Dimana nilai perolehan koefisien korelasi product moment (rxy) atau r hitung = 0,824 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan jumlah responden (n) = 40 peserta didik, sehingga diperoleh r tabel = 0,312. Hasil perhitungan untuk analisis regresi linier sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai f hitung = 987, sedangkan taraf siginifikansinya 0.344 sehingga dapat di artikan 0.344 > 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap meningkatnya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTsN 4 Lebak.
Keywords
References
A.M, Sardiman. ( 2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Ali Mohammad, Asrori Muhammad, Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan,Jakarta: PT. Bumi Aksara 2014
Bariroh, F. N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Minat Dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas Xi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Riyadlul Qur’an Malang.
Campbell, D. T., & Stanley, J. C. (1963). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. In Handbook of Research onTeaching (pp. 1–76). https://doi.org/10.1037/022808
Choy, L. T. (2014). The Strengths and Weaknesses of Research Methodology: Comparison and Complimentary between Qualitative and Quantitative Approaches. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 19(4), 99–104. https://doi.org/10.9790/0837-194399104
Cresswell John W., Riset Pendidikan: Perencanaan, Pelaksaan, Dan EvaluasiRiset Kualitatif Dan Kuantitatif, Jakarta: Pustaka Pelajar, 2015
Dirgeyasa, Wy.I. (2019). Flip Learning-Flip Classroom, Sebuah Inovasi Dalam Pembelajaran, Di Era Covid-19. Universitas Negeri Medan (UNIMED)
Farida Ratna Dkk.(2019). Pengembangan Model Pembelajaran flipped Classroom Dengan Taksonomi Bloom Pada Mata Kuliah Sistem Politik Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol: 07/02
Fikih, Pascal.F. 2019. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik.” ( Skripsi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Firosa Nur ‘ Aini. Pengaruh Game Based Learning Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips (Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya).
Imania, K. A., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan Flipped Classroom Dalam Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Petik,Vol 6(2), 45-50.
M. Ubaidillah, (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chusnaniyah Surabaya. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Vol. 19, No. 1,
Moleong, Lexy J (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
N. Arnawa, I M. Dedy Setiawan.(2021). Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Tingkat Computer Self-Efficacy. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Volume 5, Number 1.
Rumah Belajar. Model pembelajaran flipped classroom., jakarta: kemendikbud, 2019
Rusman, ( 2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan ProfesionalismeGuru, RajaGrafindo Persada, Jakarta
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zulaikah, D. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Whatsapp Group Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Di Ma Al-Ichsan Parang Magetan (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).
Article Metrics
Abstract View![](https://obsesi.or.id/public/grafik.png)
![](https://obsesi.or.id/public/pdf.jpg)
DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1545
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Agus Sumaryo, Ratna Sari Dewi, Wika Hardika Legiani
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.