Makna Leksikal dalam Lirik Lagu Alif Cepmek dengan Judul “CEPMEK” (Cepat Mencintai Kamu)

Arief Ersyandi(1), Hermandra Hermandra(2), MHD Berly(3), Nanda Rizka Pratama(4),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis makna leksikal lirik lagu “CEPMEK” (Cepat Mencintaimu) Alif Cepmek dengan menggunakan pendekatan semantik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif dengan fokus pada aspek pengulangan liris, sinonim, dan antonim. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik membaca musik untuk menangkap makna leksikal yang terkandung dalam lirik lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan repetisi memberikan penekanan dan ritme pada momen momen penting dalam narasi lagu. Sinonim digunakan untuk memperkaya makna dan menjalin hubungan antar satuan kebahasaan dalam wacana. Antonim menciptakan kontras makna dan menambah kompleksitas serta kedalaman cerita sebuah lagu. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman kita tentang bagaimana seniman menggunakan bahasa untuk menyampaikan makna leksikal lirik lagu. Analisis semantik terhadap lirik lagu menjadi dasar untuk mengeksplorasi nilai, emosi, dan pesan yang ingin disampaikan artis kepada pendengarnya. Kajian ini diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai kompleksitas leksikal-semantik karya seni musik, khususnya lirik.


Keywords


Semantik, Leksikal, Lagu, Lirik

References


Amilia, F., & Anggraeni, A. W. (2007). Semantik Konsep dan Contoh Analisis. Malang: MADANI.

Aminuddin. (1988). Semantik: Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: CV Sinar Baru.

Aprianti, I., Kurniawan, E. Y., & Sumadiningrat, E. (2022). Pemanfaatan Penggunaan Media Lagu pada Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Kampung Besar II Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Apriliyani, R., & Siagian, I. (2023). Analisis Gaya Bahasa pada Lagu Asmaralibrasi Karya Soegi Bornean. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Farhansyah, M., Mutmainah, & Anggraini, F. (2023). Analisis Penggunaan Lagu Untuk MeningkatkanKemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research.

Ginting, H., & Ginting, A. (2019). Beberapa Teori Dan Pendekatan Semantik. Pendidik. Bhs. Indonesia. dan Sastra.

Hasbillaah, L. N., & Rachmaningtyas, A. A. (2022). Surat Tersirat dari Dewa 19: Analisis Gaya Bahasa Pada Lagu "Roman Picisan". Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya.

Nafinuddin, S. (2020). Pengantar Semantik (Pengertian, Hakikat, Jenis). Pengantar Semantik.

Tarigan. (1985). Pengajaran Semantik . Bandung: Angkasa.

Yanti, A., Lubis, P. A., Natasha, N. A., Sitorus, E., & Barus, F. L. (2021). Analisis Makna Leksikal Pada Lirik Lagu Kamu Dan Kenangan Karya Maudy Ayunda. Asas : Jurnal Sastra.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 176 times
PDF Download : 89 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Arief Ersyandi, Hermandra Hermandra, MHD Berly, Nanda Rizka Pratama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.