Partisipasi Masyarakat Dalam Proses Pengambilan Keputusan Politik

Delila Maya Sari Siregar(1), Asianna Manik(2), Ruth Geraldine Manurung(3), Ameliya Harahap(4), Julia Ivanna(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Partisipasi merupakan keikutsertaan seluruh masyarakat suatu negara yang memiliki suara dalam pembentukan dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi Masyarakat desa Marindal II, Kecamatan Patumbak Kampung dalam Proses Pengambilan Keputusan Politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan mencari referensi lain yang relevan dari internet. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang. Adapun Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Masyarakat Desa Marindal II, Kecamatan Patumbak Kampung diikutsertakan secara aktif dalam berbagai kegiatan dan proses pengambilan keputusan politik. Adapun dalam Pemilu tidak ada paksaan dan politik uang, semua masyarakat dibebeaskan memilih berdasarkan atas hati nuraninya dan diberlakukan asas LUBERJURDIL (Langsung, Umum, Bebas, rahasia, Jujur, Adil). Sehingga desa Marindal II, Kecamatan Patumbak Kampung juga dijuluki sebagai desa yang damai, aman dan sejahtera.


Keywords


Partisipasi, Partisipasi Masyarakat, Keputusan Politik

References


Andriany, Dewi. 2018. “Pengembangan Model Pendekatan Partisipatif Dalam Memberdayakan Masyarakat Miskin Kota Medan Untuk Memperbaiki Taraf Hidup.” Publikasiilmiah UMSU. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/22.

Arniti, Ni Ketut. 2020. “Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Kota Denpasar.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4(2): 329–48. https://journal.undiknas.ac.id/index.php/fisip/article/view/2496..

Dandokambey, Sarah Malena Andrea, Dani R Pinasang, and Toar N Palilingan. 2023. “Penerapan Prinsip Partisipasi Masyarakat Bermakna (Meaningful Participation) Dalam Pembentukan Peraturan Daerah.” Lex Privatum 11(2): 1–11. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/lexprivatum/article/view/46626.

Kaehe, Diradimalata, Joorie M Ruru, and Welson Y Rompas. 2019. “Partisipasi Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan Di Kampung Pintareng Kecamatan Tabukan Selatan Tenggara.” Jurnal Administrasi Publik 5(80): 14–24. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/download/25447/25104.

Kusmanto, Heri. 2014. “Partisipasi Masyarakat Dalam Demokasi Politik.” Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik UMA 2(1): 78–90. http://ojs.uma.ac.id/index.php/jppuma.

Mongkol, Yolanda Olga, and Lucya Erlinda Sonia. 2018. “Peran Pengambilan Keputusan Untuk Meningkatkan Penjualan Bagi Revolt Industry Dengan Menggunakan Media Sosial Instagram.” Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya 7(1): 480–93. https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1174.

Panjaitan, Maringan, and Evi Phaninora Pandiangan. 2018. “Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pelaksanaan Pembangunan Desa Untuk Mengoptimalkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Bandar Klippa, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.” Repository UHN: 44–56. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/1494.

Raisin, Muchlis, Untung Waluyo, and Muhammad Zulfikar Syuaib. 2016. “Pengembangan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Pendidikan Di Madrasah Aliyah Hidayatul Muhsinin Labulia Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah.” Jurnal Ilmiah Profesi Kependidikan 1(1): 77–89. http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8264.

Salmaa. 2023. “Metode Penelitian Kualitatif: Definisi, Jenis, Karakteristiknya.” deepublish. https://penerbitdeepublish.com/metode-penelitian-kualitatif/.

Tysara, Laudia. 2023. “Pengertian Partisipasi Adalah Wujud Keikutsertaan, Ini Penjelasan Para Ahli.” liputan6.com. https://www.liputan6.com/hot/read/5284666/pengertian-partisipasi-adalah-wujud-keikutsertaan-ini-penjelasan-para-ahli?page=3.

Widodo, Fatwa. 2018. “Evaluasi Partisipasi Masyarakat Pada Pembangunan Infrastruktur Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat.” JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) 5(2): 108–21. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=848586&val=7200&title=Evaluasi partisipasi masyarakat pada pembangunan infrastruktur dalam konteks pemberdayaan masyarakat.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 275 times
PDF Download : 88 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Delila Maya Sari Siregar, Asianna Manik, Ruth Geraldine Manurung, Ameliya Harahap, Julia Ivanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.