Media Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik di Kalangan Mahasiswa PPKn Universitas Negeri Medan

Dwi Valentina Sihite(1), Eshaulin br Sembiring(2), Alya Rachma(3), Julia Ivana(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Manusia berkomunikasi dan mendapatkan informasi melalui teknologi, hingga saat ini teknologi ada dengan berjalan dan berkembang secara pesat yang memudahkan manusia dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi. Muncul dan berkembangnya internet membawa cara komunikasi baru di masyarakat,  media sosial hadir dan merubah cara berkomunikasi di masyarakat saat ini. Digitalisasi di era modern telah memberikan peluang bagi generasi muda untuk berpartisipasi dalam bidang informasi dan sosial ini, penggunaan media sosial yang terkonsentrasi telah berkontribusi pada faktor menakjubkan di antara para pemilih di mana media sosial telah mengubah preferensi kaum muda terhadap hak untuk memilih.  Adapun jumlah sampel yang akan kami teliti yaitu berjumlah 10 Orang Mahasiswa. Berdasarkan uraian latar belakang yang sudah dijabarkan peneliti melaksanakan penelitian berjudul “Media Sosial dan Pengaruhnya terhadap Partisipasi Politik di Kalangan Mahasiswa Ppkn Universitas Negeri Medan”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel komunikasi politik melalui media sosial memberikan pengaruh yang signifikan terhadap partisipasi politik mahasiswa PPKn Universitas Negeri Medan pada Pilpres tahun 2019.


Keywords


Media Sosial, Partisipasi Politik, Mahasiswa

References


Arniti, N. K. (2020). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Kota Denpasar. Ilmiah Dinamika Sosial, 4(39), 329–348.

Dwi, E., & Watie, S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). III, 69–75.

Faidah Yusuf, Rahman, H., Rahm, S., & Lismayani, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Komunikasi, Informasi, Dan Dokumentasi: Pendidikan Di Majelis Taklim Annur Sejahtera Faidah. Jurnal Hasil-Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2, 1–8.

Hulukati, W., & Djibran, M. R. (n.d.). 73 | Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Wenny Hulukati. 3, 73–80.

Iskandar, D. (2022). Partisipasi Politik Mahasiswa. Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 09(02), 453–464.

Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial Dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga Di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Minahasa Tenggara Oleh: JURNAL ILMIAH SOCIETY, 2(1), 1–13.

Muhammad Irfan Dwitama, F. A. (2022). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Di Pilkada 2020 Tangerang Selatan. jurnal independen, 58;60.

Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ahmad, R., & Ashfaq, A. (2020). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik pada Generasi Muda : Perspektif Indonesia. 8(1), 87–97.

Setiadi, A. (n.d.). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. 1, 1–7.

Sinaga, D. (2014). Statistik Dasar. UKI PRESS.

Supardi. (2016). Populasi dan Sampel Penelitian. UNISIA


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 151 times
PDF Download : 92 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1565

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dwi Valentina Sihite, Eshaulin br Sembiring, Alya Rachma, Julia Ivana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.