Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Upaya Pemenuhan Hak dan Akses Penyandang Disabilitas Sebagai Wujud Partisipasi Warga Negara

Euis Sundarti(1), Ronni Juwandi(2), Qotrun Nida(3),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Pemilihan umum merupakan wujud penerapan nilai-nilai demokrasi dengan memenuhi hak asasi manusia dalam proses pemilihan umum. Hak memilih adalah hak seluruh warga negara yang memenuhi syarat sebagai pemilih tidak terkecuali penyandang disabilitas yang hak pilihnya harus di penuhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kpu dalam upaya pemenuhan hak dan akses penyandang disabilitas di kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pemenuhan hak pilih penyandang disabilitas yang dilakukan oleh komisi pemilihan umum Kabupaten Tangerang dengan memanfaatkan perannya sebagai penyelengara pemilihan umum di lingkungan kabupaten Tangerang. Proses pemenuhan hak pilih dilakukan dengan pendataan pemilih penyandang disabilitas yang memenuhi syarat pemilih, memberikan layanan akses pemilu bagi pemilih penyandang disabilitas dengan tujuan meningkatkan kualitas pemilih penyandang disabilitas, dan mempermudah akses penyandang disabilitas dapat berpartisipasi dalam seluruh proses pelaksanaan pemilu di  Kabupaten Tangerang, selain itu dalam proses pelaksanaan hak pilih penyandang disabilitas, KPU mengalami hambatan dan tantangan dari masyarakat dan keluarga, akibat kurangnya pengetahuan dasar pemenuhan hak pilih bagi penyandang disabilitas yang memiliki hak yang sama.


Keywords


Hak Pilih, Penyandang Disabilitas, Pemilihan Umum

References


Ali Zinal Abidin. 11 April 2019. Penyandang disabilitas yang masuk dalam daftar pemilih tetap, KPU Kabupaten Tangerang. https://kabar6.com/kpu-kabupaten-tangerang-catat-ada-1-080-disabilitas-masuk-dalam-dpt/

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Arifin, Aditya Nugraha. Peran Hubungan Masyarakat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan Dalam Menyosialisasikan Pemilu 2019 Pada Pemilih Disabilitas. BS thesis. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarata.

Ashar, Dio, et al. "Panduan penanganan perkara penyandang disabilitas berhadapan dengan hukum." Diterbitkan Oleh Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (2019).

Creswell, John. 2014. “Penelitian Kualitatif & Desain Riset”. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Damayanti, Tarisa Alfira. Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan Anak Difabel Di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Diss. Universitas Muhammadiyah Malang, 2022.

Farahdiba, Siti Zikrina, et al. "Tinjauan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945." Jurnal Kewarganegaraan 5.2 (2021): 837-845.

Farahdiba, Siti Zikrina, et al. "Tinjauan Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945." Jurnal Kewarganegaraan 5.2 (2021): 837-845.

Febriantanto, Pangky. "Analisis Faktor Determinan Peningkatan Partisipasi Politik Penyandang Disabilitas pada Pilkada Kota Yogyakarta 2017." Jurnal PolGov 1.1 (2019): 157-190.

Fikri, Abdullah. "Partisipasi politik masyarakat difabel dalam pembentukan kebijakan pendidikan tinggi inklusif." INKLUSI 1.1 (2014): 109-128.

Haifarashin, Ridha, Yayang Furi Furnamasari, and Dinie Anggraeni Dewi. "Pemahaman Siswa Tentang Kewajiban dan Hak Warga Negara." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.3 (2021): 7261-7265.

https://kab-tangerang.kpu.go.id/page/read/35/tugas-dan-kewenangan

Hurasan, Dian Husri, Muryanto Amin, and Hatta Ridho. "Kinerja Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Pemungutan Suara Ulang pada PEMILU 2019 di Kota Tebing Tinggi." Perspektif 11.1 (2022): 214-230.

Hutington, Samuel P, Joan Nelson. 1994. “Partisipasi Politik di Negara Berkembang”.Jakarta:Rineka Cipta.

Ilyas, Islamiah, and M. Gazali Suyuti. "Hak Politik Penyandang Disabilitas Mental Dalam Pemilihan Umum (Studi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Gowa)." Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar'iyyah 3.1 (2021): 102-114.

Juwandi, Ronni, "Penguatan Pendidikan Politik Kebangsaan Sebagai Upaya Mengembangkan Literasi Politik Mahasiswa Di Era Society 5.0."

Juwandi, Ronni, Yasin Nurwahid, and Ayu Lestari. "Media sosial sebagai sarana pendidikan politik untuk mengembangkan literasi digital warga negara." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2. No. 1. 2019.

Maulana, Muhammad Syifa, Kandung Sapto Nugroho, and Ika Arinia Indriyany. Partisipasi Politik Pemilih Difabel Daksa Dan Netra Dalam Pemilihan Gubernur Banten Tahun 2017 (Studi Kasus Pemilih Difabel di Kota Tangerang). Diss. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2018.

Nababan, Rosma, Uefaa Jekrina Pinem, and Alimin Purba. "Hubungan Sosialisasi Politik Dengan Partisipasi Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Dairi Kecamatan Gunung Sitember Tahun 2018." Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1.2 (2020): 1-12.

Oktariana, Anggi. Pemenuhan Hak Pilih Disabilitas Mental Oleh KPU Provinsi DKI Jakarta Pada Pemilu 2019 (Studi Kasus: Panti Sosial Bina Laras Harapan Sentosa 1). BS thesis. Fisip UIN Jakarta, 2019.

Rahman, Asmika. "Peran Sekolah Sebagai Sarana Sosialisasi Politik untuk Meningkatkan Partisipasi Politik Pada Pemilih Pemula." Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III p-ISSN 2598 (2017): 5973.

Rahmatullah, Rahmatullah. Pemenuhan hak politik penyandang disabilitas menurut Undang-Undang Nomer 7 Tahun 2017. Diss. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020

Surbakti, Ramlan. 2010. “Memahami Ilmu Politik”. Jakarta:Gramedia Widiarsana Indonesia.

Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum

Undang-Undang No. 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas

Wardhani, Primandha Sukma Nur. "Partisipasi politik pemilih pemula dalam pemilihan umum." Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 10.1 (2018): 57-62.

World Health Organization. 2001. “International Classification of Functioning, Disability and Health” WHO


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 185 times
PDF Download : 91 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Euis Sundarti, Ronni Juwandi, Qotrun Nida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.