Analisis Prinsip Demokrasi Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024 Terhadap Perilaku Politik Identitas Untuk Mendapatkan Dukungan Suara Dari Masyarakat di Jalan Sering, Kelurahan Sidorejo, Medan Tembung

Pebriana Asina Panjaitan(1), Parlaungan Gabriel Siahaan(2), Novridah Reanti Purba(3), Ruth Geraldine Manurung(4), Ameliya Harahap(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


"Analisis Prinsip Demokrasi Dalam Pelaksanaan Pemilu 2024 Terhadap Perilaku Politik Identitas Untuk Mendapatkan Dukungan Suara Dari Masyarakat Di Kelurahan Sidorejo Jalan Sering" adalah judul dari Mini Riset Kelas Reguler III D Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2022 Universitas Negeri Medan. Mini Riset ini akan meneliti bagaimana prinsip demokrasi dalam pelaksanaan pemilu 2024 terhadap perilaku politik identitas dengan dukungan suara dari masyarakat. Perilaku politik yang menggunakan identitas kelompok seperti etnis, suku, budaya, agama, atau yang lainnya untuk tujuan tertentu sebagai bentuk perlawanan atau sebagai cara untuk menunjukkan jati diri kelompok tersebut, membuat pemilih merasa lebih dekat dengan kelompok tersebut.


Keywords


Demokrasi, Pemilu, Perilaku Politik

References


Alivian, and Wiwin. 2022. "Eksitensi Bawaslu Dalam Penanganan Pelanggaran Pemilu Pasca Penetapan Hasil Perolehan Suara Secara Nasional." Jurnal Sultan.

Arniti , Ni Ketut. 2020. "Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum Legislatif Di Kota Denpasar." Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial.

Ayuningtiyas. 2023. "Kepuasaan Pelangan Pada PT FIF Group Cabang Dumai Customer Sastifaction PT FIF Group Dumai Bransh." Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak.

Harahap, Rizki Rahman. 2014. "Perilaku Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif Kabupaten." Universitas Riau.

Huda, Ni Matul, Suranto, Nanik Prasetyo Ningsih, Septi Nur Wijayanti, Bagus Sarnawa, Nasrullah, Tanto Lailam, et al. 2019. Mewujudkan Daulat Rakyat Melalui Pemilu Yang Berkualitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar .

Surbakti, Ramlan. 1992. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 264 times
PDF Download : 162 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pebriana Asina Panjaitan, Parlaungan Gabriel Siahaan, Novridah Reanti Purba, Ruth Geraldine Manurung, Ameliya Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.