Analisis Hubungan Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Warga Negara (Studi Kasus di Desa Bandar Klippa Kecamatan Percut Sei Tuan)

Saparutdin Brutu(1), Johana Adriani Nainggolan(2), Gelora Rehliasta Sembiring(3), Wulan Ayu Trisna(4), Geby Nainggolan(5), Putri Andini(6), Prayetno Prayetno(7),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
(6) Universitas Negeri Medan
(7) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Partisipasi politik merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi tercapainya suatu pemerintahan yang demokratis. Salah satu faktor yang mempengaruhi partisipasi politik adalah status ekonomi. Dengan demikian, tinggi rendahnya tingkat ekonomi akan mempengaruhi tingkat partisipasi politik seseorang. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada masyarakat di Dusun I Desa Bandar Klippa Kecamatan percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan status ekonomi terhadap partisipasi politik warga negara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yang merupakan penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang dimana peneliti berusaha memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian untuk kemudian digambarkan sebagaimana adanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa status ekonomi masyarakat sangat mempengaruhi partisipasi politiknya, masyarakat yang cenderung memiliki ekonomi yang tidak stabil akan lebih rentan untuk menerima money politik sehingga dibutuhkan peran serta pemerintah untuk memperbaiki ekonomi masyarakat. Kesimpulan dalam penelitian ini status ekonomi yang cenderung menengah ke bawah memainkan peran penting dalam mempengaruhi tingkat partisipasi politik.


Keywords


Status Sosial Ekonomi, Partisipasi Politik

References


Abdullah, N. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Sosialisasai Politik Melalui Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dlam Pemilu Legislatif Tahun 2014 Di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sngatta Utara Kabupaten Kutai Timur. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1627-1636.

Abdullah, N. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Sosialisasai Politik Melalui Media Massa Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dlam Pemilu Legislatif Tahun 2014 Di Desa Sangatta Utara Kecamatan Sngatta Utara Kabupaten Kutai Timur. E-Journal Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1627-1636.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Darna, N. (2019). Analisis Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pilkada Kabupaten Ciamis Tahun 2018.

Erwinsyahbana, T. (2018). Pelanggaran Kode Etik Dan Sanksi Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Kustiana, P. B. A. (2021). Pengaruh Tingkat Sosial Ekonomi Dan Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Etnis Tionghoa Kelurahan Kranggan Kota Semarang Dalam Pemilihan Umum 2019. Journal of Politic and Government Studies, 10(3), 275-286.

Laia, M., Kusmanto, H., & Warjio, W. (2021). Pengaruh Politik Uang dan Status Sosial Ekonomi terhadap Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Legislatif 2019. PERSPEKTIF, 10(2), 416-423.

Mahmud, S. (2023). Hubungan Tingkat Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Etnis Keturunan Tionghoa dalam Pilkada di Kabupaten Soppeng. Jurnal Ilmiah Metansi (Manajemen dan Akuntansi), 6(1), 101-107.

Maran, Rafael Raga. 2001. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta Rineka Cipta

Purnama, R., & Dewi, M. T. F. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Pemilihan Umum Kepala Daerah Pada Masyarakat Kecamatan Langensari Kota Banjar Tahun 2018. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 245-256.

Purnama, R., & Dewi, M. T. F. (2020). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Pemilihan Umum Kepala Daerah Pada Masyarakat Kecamatan Langensari Kota Banjar Tahun 2018. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(2), 245-256.

Putra, A. N. E., & Adnan, M. F. (2019). Hubungan Status Sosial Ekonomi dengan Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Walikota Padang Tahun 2018. Jurnal Teori dan Riset Administrasi Publik, 3(1), 18-27.

Siahaan, N. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Di Kabupaten Asahan Tahun 2015 (Studi Analisis Pada Masyarakat Kecamatan Aek Kuasan Kabupaten Asahan Tahun 2015) (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sitompul, N. P. (2007). Pengaruh Status Sosial Ekonomi terhadap Partisipasi Politik Masyarakat (Studi Kasus: Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Tamara, G. A. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2015 (Studi perbandingan Kelurahan Way Urang dan Kelurahan Bumi Agung Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan).

Wirahmat, H. (2013). Analisis tingkat partisipasi politik masyarakat di tinjau dari status sosial ekonomi (studi kulurahan tamangappa Kota makassar). (UIN Alauddin Makassar).

Yuningsih, N. A. I. (2014). Partisipasi Politik Remaja (Pemilih Pemula) Pada Pemilukada Mojokerto Tahun 2010 Di Desa Sumber Tanggul Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Kajian moral dan kewarganegaraan, 2(1), 16-30.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 77 times
PDF Download : 44 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Saparutdin Brutu, Johana Adriani Nainggolan, Gelora Rehliasta Sembiring, Wulan Ayu Trisna, Geby Nainggolan, Putri Andini, Prayetno Prayetno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.