Analisis Perspektif Mahasiswa PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka) Terhadap Dinasti Politik Dalam Pemilu 2024 di Universitas Negeri Medan

Johan Pardamean Simanjuntak(1), Ivana Theo Philia(2), Gadis Prasiska Sembiring(3), Armando Fidelis Wuwu(4), Julia Ivanna(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Mahasiswa PMM (pertukaran mahasiswa merdeka) terhadap dinasti politik dalam pemilu 2024 di Universitas Negeri medan dan Apa dampak positif dan negatif dari dinasti politik dalam pemilu 2024 menurut perspektif mahasiswa pmm (pertukaran mahasiswa merdeka) di universitas negeri medan. Adapun metode penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan studi lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya Politik dinasti masih menjadi fenomena yang dapat dilihat di Indonesia dan merupakan tantangan besar yang perlu dilakukan perubahan etika politik agar dapat dilihat dari sudut pandang yang benar-benar demokratis. Dan dapat membawah dampak negatif bagi sistem demokrasi dalam pemilu di indonesia. Kesimpulannya Mahasiswa PMM (pertukaran mahasiswa merdeka) di Universitas Negeri Medan Harus berani mengambil sikap tegas untuk menolak adanya dinasti politik yang merusak sistem demokrasi di indonesia dalam pemilu yang akan datang dan dapat mengedukasi masyarakat dengan bersosialisasi akan bahaya nya dinasti politk.


Keywords


PMM (Pertukaran Mahasiswa Merdeka), Dinasti Politik, Pemilu

References


Alvina Alya Rahma, d. (2022). Pengaruh Dinasti Politik Terhadap Perkembangan Demokrasi Pancasila Di Indonesia. Jurnal Kewarganegaraan, 6.

Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4.

Arniti, N. K. (2020). Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemiliha Umum Legislatif Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Dinamika Nasional.

Bunta, A. F. (2021). Gerakan Politik Kewarganegraan Nurcholish Madjid Di Indonesia. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 1.

Dedi, A. (2022). Politik Dinasti Dalam Perspektif Demokrasi. Jurnal Moderat, 8.

Khairi, H. (2022). Menakar Pengaruh Politik Dinasti Dalam Pemilihan Kepala Daerah Di Indonesia. Jurnsl Wacana Politik, 7.

Pascal Wilmar Yehezkiel, M. T. (2023). Peran Partai Politik Mengatasi Politik Identitas Dalam Pemilu. Electoral Governance Jurnal Tata Kelola Pemilu Indonesia, 4.

Susanti, M. H. (2017). Dinasti Politik dalam Pilkada di Indonesia. Journal of Government and Civil Society, 1.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 279 times
PDF Download : 137 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Johan Pardamean Simanjuntak, Ivana Theo Philia, Gadis Prasiska Sembiring, Armando Fidelis Wuwu, Julia Ivanna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.