Dinamika Kesadaran Masyarakat Khususnya Generasi Muda Akan Pertahanan dan Semangat Bela Negara Demi Terwujudnya Tujuan Nasional Indonesia

Vincencia Sagala(1), Sarah Sinaga(2), Kezia Purba(3), Sri Yunita(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Kesadaran dalam mempertahankan ketahanan dan kepentingan nasional merupakan hak dan kewajiban setiap masyarakat dalam suatu negara. Pada abad ke-21, ancaman yang sering terjadi adalah ancaman yang bersifat tidak terlihat (intangible), misalnya ancaman ideologi berupa terorisme dan radikalisme yang berpengaruh pada keamanan nasional khususnya di Indonesia. Nilai-nilai nasionalisme dan bela negara menjadi pijakan dalam membangun kekuatan nasional yang akan melindungi negara Indonesia dengan kuat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur atau kepustakaan (library research), dimana teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa sumber literatur, menganalisis informasi dari literatur seperti buku, jurnal kajian, makalah, dokumen ataupun sebagainya.Jika semua masyarakat ikut serta dalam upaya bela negara maka ketahanan negara dan kekuatan negara dapat terjamin dan dinilai kokoh. Akan tetapi jika masyarakat tidak sepenuhnya sadar akan tanggung jawabnya dalam upaya bela negara maka kontribusi mereka juga akan sedikit sehingga kekuatan serta ketahanan negara tidak akan terwujud. Masyarakat setiap negara memiliki hak dan kewajiban untuk mempertahankan ketahanan dan kepentingan nasional. Menjaga ketahanan nasional berarti bahwa orang-orang memiliki keinginan dan kemauan diri yang dilandasi kerelaan untuk berbakti pada negara. Untuk kelangsungan hidup suatu bangsa, pertahanan dan ketahanan merupakan fondasi yang tidak tergantikan. Faktor yang meningkatkan perlawanan rakyat yang merugikan ideologi, politik, sosial budaya, ekonomi, pertahanan, dan keamanan. Fokus saat ini adalah seluruh generasi muda, yang masih memiliki semangat dan kekuatan untuk melindungi negaranya. Jika generasi muda ini belajar tentang hal ini, mereka secara bertahap akan belajar tanggung jawab dan ikut serta dalam pertahanan dan ketahanan bangsa mereka.


Keywords


Ketahanan Nasional, Generasi Muda, Kesadaran Masyarakat

References


Alhudawi, U., Simatupang, E., & Rachman, F. (2021). Membangun kesadaran bela negara masyarakat pedesaan berbasis nilai kearifan lokaL. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 5(2), 529-538.

Alvons, M. (2018). Kebebasan Keamanan, Keadilan dan Kedamaian dalam Pemilihan Umum untuk Stabilitas Negara. Jurnal Legilasi Indonesia, 15(4), 295-307.

Armawi, A. (2020). Nasionalisme dalam dinamika ketahanan nasional. UGM PRESS.

Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal Ham, 12(1), 57.

Fahrezi, M. S., Aulia, P. A., & Santoso, G. (2023). Membela Tanah Air dengan Segenap Jiwa: Peran dan Tanggung Jawab Generasi Muda dalam Menjaga Kedaulatan dan Kepentingan Bangsa. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 391-404.

Hasyim, I., Utama, A. P., & Setiawan, B. (2022). Urgensi Pendidikan Bela Negara Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Sebagai Daya Dukung Pertahanan Negara. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 4(1), 1.

Holimin, H., Dartono, D., & Prihantoro, D. (2021). Peran Perguruan Tinggi Dalam Meningkatkan Sistem Pertahanan Negara Melalui Pendidikan Bela Negara. Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO), 3, 311–322.

Kementrian Pertahanan. (2016). Kebijakan Pertahanan Negara Tahun 2016. Kementerian Pertahanan. Indonesia: Kemhan.

Mukhtadi, M., & Komala, R. M. (2019). Membangun kesadaran bela negara bagi generasi milenial dalam sistem pertahanan negara. Manajemen Pertahanan: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Manajemen Pertahanan, 4(2).

Prasetyo, D., Manik, T. S., & Riyanti, D. (2021). Konseptualisasi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya bela negara. Jurnal Pancasila Dan Bela Negara, 1(1), 1-7.

Rahayu, S. K. (2021). Penguatan kesadaran bela negara pada remaja milenial menuju Indonesia emas. Pedagogika, 134-151.

Ras, P. A. W. A. R., & Risma, Y. P. W. H. J. (2022). Pancasila Sebagai Landasan Pertahanan Negara di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).

Reksohutomo, W. (1987). Meningkatkan Ketahanan Nasional dalam Bidang Sosial-budaya Lewat Jalur Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1).

Rizki, M. (2022). Perkembangan Sistem Pertahanan/Keamanan Siber Indonesia dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi dan Informasi:-. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 14(1), 54-62.

Satya, P. T. (2020). Peran Pemuda Milenial dalam Bela Negara (The Role Of Millenial Youth In The State Defense). Available at SSRN 3624914.

Tamba, G. M. (2018). Membangun Kesadaran Bela Negara Bagi Generasi Milenial Dalam Sistem Pertahanan Negara.

Widisuseno, I. (2013). Ketahanan Nasional Dalam Pendekatan Multikulturalisme. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro, 18(Economy), 1.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 314 times
PDF Download : 121 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Vincencia Sagala, Sarah Sinaga, Kezia Purba, Sri Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.