Analisis Kemampuan Komunikasi Verbal Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Media Permainan Monopoli

Mauliza Ashari(1), M. Jaya Adi Putra(2), Eva Astuti Mulyani(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan dilatarbelakangi dari sebuah penggunaan media pembelajaran oleh guru di dalam kelas sebagai sarana dalam berkomunikasi untuk menyampaikan informasi atau materi mata pelajaran. Salah satu media pembelajaran adalah media permainan monopoli, dipilihnya media permainan monopoli karena media tersebut dapat menyediakan tempat untuk menyenangkan siswa dalam belajar, dapat menstimulus dan membangkitkan kemampuan ilmu pengetahuan dan komunikasi siswa, dan dapat membuat siswa semangat untuk aktif dalam proses pembelajaran. Selama proses belajar menggunakan media permainan monopoli, siswa yang bermain secara perkelompok semangat untuk memperoleh nilai dengan menjawab pertanyaan yang ada di kartu soal, siswa juga antusias untuk menyampaikan kemampuannya dalam menguasai materi yang dibahas, sehingga dapat  membantu mengkontruksi pengetahuan siswa selama belajar menggunakan media permainan monopoli seperti, saling bertukar pendapat dan ide, menyatukan ilmu pengetahuannya seperti menjelaskan materi yang dipahami, menyampaikan pendapat dan informasi baru yang dimilikinya saat proses bermain monopoli, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan aktif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SDN 123 Pekanbaru pada kelas 5 dan 6. Jumlah data penelitian ini adalah 12 siswa yang dibagi menjadi 3 kelompok yang akan memainkan media permainan monopoli pada tema Hidrosfer, Bumiku dan Tata Surya. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi hasil rekaman suara dan video siswa yang bermain mengggunakan media permainan monopoli, observasi hasil percapakan dari dokumentasi dan wawancara terhadap siswa dan guru, kemudian dianalisis untuk menemukan hasil. Pengolahan data yang dilakukan peneliti berupa teks deskripsi mengenai kemampuan komunikasi verbal yang terjadi selama siswa belajar menggunakan media permainan monopoli. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan keadaan dan hasil data yang sebenarnya di dapatkan peneliti selama proses penelitian. Berdasarkan dari hasil data yang didapatkan temuan penelitian kemampuan komunikasi verbal siswa yang ditinjau berdasarkan percakapan konsep ilmu dalam durasi waktu per 5 menit dan indikator komunikasi verbal. Dari hasil percakapan konsep ilmu dalam durasi waktu per 5 menit didapatkan dari kelompok tema Hidrosfer yang antusias dalam menyampaikan dan menghubungkan ilmu pengetahuan yang dimilikinya dalam diskusi permainan monopoli. Kemudian dari indikator komunikasi verbal yang didapatkan Credibility (citra diri) dan Antusiasity (antusias) merupakan indikator yang mendapatkan kategori sangat baik selama proses belajar, hal itu karena siswa memahami materi pada tema di monopoli sehingga siswa tersebut memiliki keberanian dan antusias yang tinggi dalam belajar menggunakan media permainan monopoli untuk mengembangkan kemampuan berfikirnya setelah memperoleh materi pembelajaran.


Keywords


Komunikasi Verbal, Monopoli

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran ( Studi Pada Anak ). An Nisa’, 15(1), 1–8.

Alfiyansyah, M. T. A., Budiono, A. N., & Mutakin, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Verbal dengan Metode Brainstorming pada Siswa Kelas X Pemasaran SMK Kartini Jember, 7, 43–48.

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media: Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory Media Pembelajaran Monopoli: Media Edukasi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Nukleus. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87.

Anggraheni, N. S., Hidayah, N., & Shawmi, A. N. (2019). Developing Red-White Monopoly Games through Integrative Thematic Learning in the Primary School. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6, 49–62.

Anggraini, E. S. (2022). Membangun Komunikasi Efektif Verbal dan Non Verbal dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di Kelurahan Negeri Baru. Jurnal Usia Dini, 8(1), 26. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36190

Ayun, H. K., & Prasetya, S. P. (2020). Pengembangan Media Monopoli Pada Materi “Pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia” untuk Melatih Kemampuan Berkomunikasi dan Bekerjasama serta Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Krembung Sidoarjo. Swara Bhumi, 2(1), 1–12. Diambil darihttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swarabhumi/article/view/34642%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swarabhumi/article/view/34642/3080

Caropeboka, R. M. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. (A. A. C, Ed.). Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Desyawati, K., Goreti, M., Kristiantari, R., Agung, G., & Negara, O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 168–174. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJL/index

Febryansari, S., Astuti, M., & Cindrya, E. (2022). Hubungan Permainan Tradisional Dengan Kemampuan Komunikasi Verbal Anak Usia 4-5 Tahun di RA Muslimat NU 2 Palembang, 1(4), 728–733.

Ferdiansyah, D. S., Enisa, Reffita, L. I., Wijaya, I. S., Permatasari, R. F., Akhyar, R. M., … Rumainur. (2021). Human Relations. Bandung: Media Sains Indonesia.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., … Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: PT.GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Fitrianti, D., Nugroho, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Implementasi Media Monopoli Invers dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kerja sama Siswa, 9, 30–41.

Gandasari, D., Sari, O. H., Shabira, N., Sari, R., Pramono, F., Sari, A. R., … Wiyati, E. K. (2022). Dasar-Dasar Komunikasi Organisasi. (M. J. F. Sirait, Ed.). Yayasan Kita Menulis.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anawari, A. M., … Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. (F. Sukmawati, Ed.). Klaten: TAHTA MEDIA GROUP.

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108.

Khoiron, M., & Rezania, V. (2020). Studi Literatur tentang Pengaruh Penggunaan Media Monopoli Modifikasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Rekarta, 6–7.

Kristaufanani, N., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri (The Development of Monopoly Media to Increase Self-Confidence). Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 148–159.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal Dan Nonverbal. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2), 83–98.

Luarmasse, N. E., Marantika, J. E. R., & Serpara, H. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Monopoli Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SMA N 5 Kabupaten Kepulauan Tanimbar. J-EDu: Journal - Erfolgreicher Deutschunterricht, 1(2), 48–56.

Magdalena, I. (2021). Tulisan Bersama Tentang Media Pembelajaran SD. Sukabumi: Cv Jejak.

Markarma, A. (2014). Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif Alquran. HUNAFA:JurnalStudiaIslamika,11(1),127.https://doi.org/10.24239/jsi.v11i1.344.127-151

Masnarati, C. (2020). Penerapan Permainan Monopoli dengan Pembelajaran IPS pada Peserta Didik di Sekolah Dasar, 1(2), 103–114.

Masri’ah. (2013). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Guru dalam Proses Belajar Mengajar terhadap Pemahaman Materi pada Mata Pelajaran AlQur’an Hadists Siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Karangkendal Kecamatan Kapetakan Kabupaten Cirebon. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Corebon.

Matondang, R., Nasution, L. A., Sahri, D., Harahap, T. A., & Nasution, H. H. (2021). Ragam Media Pembelajaran di SD/MI untuk Pembelajaran PpKn. Batu: Literasi Nusantara.

Nasrah, Ramadhani, S., Suriah, Syafar, M., Salam, A., Asmawati, N., & Farid, J. A. (2020). Komunikasi dan Perubahan Perilaku. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pemnbelajaran. jakarta: KENCANA.

Nuraflah, C. A., Luthfi, M., & Iwanda, M. S. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Strategi dalam Menghindari Konflik. Medan: Enam Media.

Nurfadhillah, S. (2021). Media pembelajaran Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Sukabumi: Cv Jejak.

Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1230–1239.

Pakpahan, andrew F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., … Iskandar, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Panuju, R. (2018). PENGANTAR STUDI (ILMU) KOMUNIKASI Komunikasi Sebagai Kegiatan Komunikasi Sebagai Ilmu. (KENCANA, Ed.). Jakarta.

Pebrian, L. V., Prasanti, D., & Kusuma W., P. A. (2019). Persepsi Anak Sekolah Dasar Terhadap Komunikasi Verbal Berupa Kritikan Dari Orang Tua Di Kota Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 3(2), 99. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i2.21876

Purwanto, & Annisa, J. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(2), 35.

Putra, M. J. A., & Nisa, M. (2021). Perkembangan Permainan Monopoli sebagai Media untuk Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 9490(April). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.482

Rahmadani, A., Ariyanto, A., Rohman, N. N. S., Hidayati, Y. M., & Desstya, A. (2023). Model Problem Based Learning Berbasis Media Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10, 127–141.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Razali, G., Retu, M. kristian, Rifai, A., Zumiarti, Hanika, I. M., Mendri, N. K., … Nugraha, R. S. (2022). Ilmu Komuniaksi dan Informasi & Transaksi Elektronik. Bandung: Media Sains Indonesia.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan, dan Eksperimen. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Riyanto, S., & Putera, A. R. (2022). Metode Riset Penelitian Kesehatan & Sains. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Rustan .E, & Subhan. (2018). Komunikasi Verbal Anak Pesisir Usia 7-8 Tahun pada Transaksi Penjualan Produk Kebudayaan dengan Turis Mancanegara. JurnalPendidikanUsiaDini,12(1),1228.Diambildarihttp://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud

Rustan, A. S., & Hakki, N. (2017). Pengantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Sihotang, N. (2022). Penerapan Permainan Monopoli dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. SENKIM: Seminar Nasional Karya Ilmiah Multidisiplin , 2(1),6067.Diambildarihttp://journal.unilak.ac.id/index.php/senkim/article/view/11309

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publising.

Sohaya, V. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Negeri 2 Depok Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudirjo, E., & Alif, M. N. (2021). Komunikasi dan Interaksi Sosial Anak. Bandung: CV. Salam Insan Mulia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syalfifi, E., Sumantri, M. S., & Yatima, D. (2019). Implementation of Word Monopoly as a Learning Media to Improve Creative and Moral Attitudes in the Students of Class IV Students in Grade IV of SDN Srengseng Sawah 15 Pagi. American Journal of Educational Research, 7(1), 97–103. https://doi.org/10.12691/education-7-1-15

Wahyuni, R. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Verbal Menulis Wartawan Implikasinya pada Citra Media Harian Lokal di Kota Serang. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 1–14.

Wibowo, H. (2015). Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Puri Cita Media.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 222 times
PDF Download : 86 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mauliza Ashari, M. Jaya Adi Putra, Eva Astuti Mulyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.