Pelaksanaan Program Bimbingan “English is Fun” Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak-Anak di Kelurahan Talangputri

Anisha Aprillia(1), Hesti Nur Prihatini(2), Mgs Chaikal Dzaki(3), Suhada Suhada(4),


(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(4) Universitas PGRI Palembang
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan secara berkelompok ini merupakan kegiatan pendampingan yang bertujuan untuk melaksanakan kegiatan bimbingan belajar bahasa Inggris English is Fun sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memahami bahasa Inggris. Metode kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, diskusi, lagu dan permainan, demonstrasi dan unjuk kerja. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa (1) Pendampingan ini telah mampu menumbuhkan minat dan rasa percaya diri anak-anak di Kelurahan Talangputri RT 24 dan semangat yang tinggi dalam mempelajari dan menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Hal ini tampak dari keantusiasan dan ketekunan peserta kegiatan dalam mengikuti pembelajaran dari awal sampai akhir. (2) Kemampuan anak-anak dalam mempelajari bahasa Inggris terlihat baik. Hal ini ditunjukkan dengan antusiasme dan semangatnya dalam mempelajari materi yang diberikan. Di sisi lain, kegiatan ini membawa dampak yang sangat signifikan untuk membantu siswa mempelajari dan menguasai bahasa Inggris dengan baik. Berdasarkan hasil kegiatan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan belajar bahasa Inggris “English is Fun” sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan anak-anak dalam memahami bahasa Inggris dapat terlaksana dengan baik.


Keywords


Bimbingan Belajar, Bahasa Inggris, English Is Fun

References


Derita, D., Montanesa, D., Wahyuni, R. (2015). Mengadakan program bimbingan belajar bahasa inggris “english is not expensive”. Di kota padang sebagai cara untuk meningkatkan keefektifan layanan bimbingan kelompok. Usulan program kreatifitas mahasiswa sebagai syarat dalam lomba karya ilmiah nasional ppipm-unp: Universitas Negeri Padang

Ellis, R. (1994). Second language acquisition. Oxford: OUP.

Harmer, J. (2007b). The practice of english language teaching. Essex, England: Pearson

Education Limited.

Noge, M., Tegu, Y., & Kaka, P. (2020). Model pembelajaran kooperatif tipe inside-outside circle dalam pembelajaran bilingual terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 451-459.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 50 times
PDF Download : 37 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Anisha Aprillia, Hesti Nur Prihatini, Mgs Chaikal Dzaki, Suhada Suhada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.