Cara Guru Mendisiplinkan Anak Tunagrahita di SMP-LB Negeri Pembina Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru

Fitri Sahla(1), Said Suhil Achmad(2), Muhammad Jais(3), Wilson Wilson(4),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
(4) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru mendisiplinkan anak tunagrahita dan alasan guru menggunakan cara tersebut mendisiplinkan anak tunagrahita di SMP-LB Negeri Pembina Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskritif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini di laksanakan di SMP-LB Negeri Pembina Pekanbaru yang melibatkan 5 (lima) informan sebagai subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan triangulasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa guru lebih sering menggunakan cara keteladanan dan pembiasaan dibandingkan dengan pemberian reward dan punishment. Hal ini dikarenakan kedua cara tersebut paling efektif dan saling kontinyu satu sama lain, yang mana anak tunagrahita akan meniru apa yang dicontohkan guru dari yang dicontohkan guru akan dilakukan pengulangan secara terus menerus setiap hari dan akan jadi kebiasaan pada anak tunagrahita, secara otomatis akan disiplin.


Keywords


Guru, Disiplin, Anak Tunagrahita, SLB

References


Alif Mustofa. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23-42

Isnaenti Fat, R., & Suismanto. (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231-246.

Lukman Hakim. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).

Mutakin, T. Z. (2014). Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar. Edutech , 366 -368.

Muh. Rodhi Zamzami. (2018). Penerapan reward and punishment dalam teori belajar behaviorisme. Journal Ta'limuna, 4(1), 1-20.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Triyanto, & Desty Ratna, P. (2017). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 25(2), 176-186.

Very Hendra, S., & Endi Febriyanto. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15-23.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 114 times
PDF Download : 72 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fitri Sahla, Said Suhil Achmad, Muhammad Jais, Wilson Wilson

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.