Resiliensi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Selama Pandemi Covid-19 di Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai

Nadia Permata Sari(1), Wilson Wilson(2), Muhammad Jais(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Di tengah pandemi, pembatasan aktivitas memiliki dampak yang signifikan terhadap kehidupan ekonomi masyarakat Dumai, terutama mereka yang bekerja di bidang kewirausahaan dan usaha kecil dan menengah (UMKM).  Sebagai bagian dari UMKM, Kelompok UP2K juga terkena dampaknya. Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana resiliensi kelompok UP2K menghadapi pandemi di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Resiliensi Kelompok UP2K selama pandemi Covid-19 di Kelurahan Bangsal Aceh, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan memakai teknik observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa melalui indikator komptensi sosial, pemecahan masalah, kemandirian, dan orientasi masa depan, Kelompok UP2K Jambu Batu berhasil melewati pandemi Covid-19 dengan resiliensi yang positif.


Keywords


Resiliensi, Pandemi, UP2K

References


Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19: Pengalaman Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(2), 253-270.

Anugraheni, A. R., Rahmani, A. N., Vionita, V. K., & Husna, A.N. (2020). Resiliensi Pada Wirausahawan Wanita: Studi Literatur. Proceeding of the Urecol, 94-99.

Desda, M. M. (2021). Pandemi Covid-19 Dampaknya Terhadap Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Di Pasaman Barat. Jurnal Ilmu Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2(1), 31-37.

Raharjo, D. A. N., & Mulyani, E. S. (2020). Resiliensi Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) dan Kebijakan Pemerintah di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Utilitas, 6(2), 1-8.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 48 times
PDF Download : 33 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nadia Permata Sari, Wilson Wilson, Muhammad Jais

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.