Meningkatkan Keterampilan Bahasa Produktif: Berbicara Sebagai Kunci Sukses Komuikasi

Lusinda Sigiro(1), Sarah Sofyanti Siregar(2), Safinatul Hasanah Harahap(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Komunikasi efektif merupakan kunci keberhasilan dalam proses komunikasi. Untuk sukses dalam berkomunikasi, penting untuk dapat menyampaika pesan dengan tepat dan efektif, serta mampu mendengarkan dengan baik. Menurut sebuah artik komunikasi efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap pada orang yang terlibat dalam proses komunikasi. Selain itu, kemampuan public speaking juga dianggap sebag kunci sukses dalam berbicara di depan publik. "Public Speaking: Kunci Sukses Bicara di depan Publik" menyatakan bahwa kemampuan public speaking yang baik diperlukan untuk menawarkan produk, atau gagasan secara efektif. Selain itu, public speaking juga dianggap sebagai kunci suks yang sangat dibutuhkan pada era globalisasi saat ini. Kemampuan berbicara di depan umum juga dianggap sebagai modal dan kunci sukses dalam pergaulan dan karier, karena hubungan yang baik dapat dibangun dan dibina melalui komunikasi yan efektif. Oleh karena itu, kemampuan berbicara d berbicara di depan umum merupakan keterampilar yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam berkomunikasi.


Keywords


Berbicara, Komunikasi

References


Angraeni, D. K. (2021, June). Keterampilan Komunikasi Pendidikan Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19: Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Iahn-Tp Palangka Raya (No. 4, Pp. 16-27).

Damartha, F. V., & Wijayanti, N. S. (2018). Strategi Membangun Keterampilan Komunikasi Dan Kepercayaan Diri Dalam Pembelajaran Public Speaking Peserta Didik Kelas Xi Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk N 1 Tempel Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran-S1, 7(6), 578-588.

Fauziah, S. (2018). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Al-Munzir, 10(2), 298-319.

Ika Dwi. Y & Al Ashadi. A. Keterampilan Berbahasa Produktif Siswa Smp. Study Program Of English Language Education, (139-151)


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 113 times
PDF Download : 73 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lusinda Sigiro, Sarah Sofyanti Siregar, Safinatul Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.