Pemanfaatan Teknologi Dengan Media Podcast Dalam Pembelajaran Era Modern

Hanna Sianturi(1), Safinatul Hasanah Harahap(2), Hikmah Sidabutar(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi informasi, orang dapat dengan mudah bertukar informasi satu sama lain, sehingga waktu, tempat, dan jarak tidak lagi menjadi kendala dalam berkomunikasi. Perkembangan teknologi informasi ini tidak terlepas dari kemajuan teknologi komputer. Kemajuan di bidang ini Bidang pendidikan juga mendapat manfaat dari komputer dan teknologi informasi ini. Aplikasi yang paling signifikan di bidang teknologi komputer dan teknologi informatika Pendidikan mengacu pada penggunaan jaringan komputer dan internet. Podcast adalah salah satu jenis media komunikasi yang dapat kita gunakan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi yang menarik dan penting. Meskipun podcast sering dibandingkan dengan radio, namun podcast lebih efektif. Ini karena podcast pertama kali muncul pada era digital yang serba cepat dan mudah diakses, podcast media sebagai alternative Pembelajaran jarak jauh dapat membantu pelajaran yang akan kita sampaikan di masa depan. Pandemi seperti saat ini, sehingga penyampaian konten menjadi lebih menarik dan unik pendengar merasa nyaman saat mendengarkan materi ini.


Keywords


Podcast, Teknologi, Pembelajaran, Informasi

References


Laila, Dahratul. "Inovasi perangkat pembelajaran menggunakan aplikasi podcast." Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3. FBS Unimed Press, 2021.

Mayangsari, Dewi, and Dinda Rizki Tiara. "Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial." Jurnal Golden Age 3.02 (2019): 126-135.

Perayani, K., and I. W. Rasna. "Pembelajaran Keterampilan Menyimak dengan Menggunakan Media Podcast Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)." Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia 11.1 (2022): 108-117.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 105 times
PDF Download : 53 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hanna Sianturi, Safinatul Hasanah Harahap, Hikmah Sidabutar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.