Tingkat Peduli Sosial Pemuda Melalui Kegiatan Karang Taruna

Sri Wahyuni(1), Wilson Wilson(2), Masyitha Ramadhani(3),


(1) Univerisitas Riau
(2) Univerisitas Riau
(3) Univerisitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Ditemukan beberapa pemuda yang menunjukkan kurangnya kesadaran dan rasa peduli sosial di lingkungan masyarakat, hal itu dilihat dari kurangnya rasa tolong menolong pemuda ketika ada acara pesta yang mana pada aktivitas tersebut banyak membutuhkan bantuan dari para pemuda, tetapi banyak yang kurang inisiatif atau kurang kesadaran untuk membantu/menolong orang lain yang sedang membutuhkan bantuan. Tujuan penelitian ini guna mengetahui tingkat peduli sosial pemuda melalui kegiatan karang taruna. Lokasi penelitian ini di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Metode penelitian ini ialah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik pengambilan sampel dengan Simple Random Sampling adalah metode penarikan dari sebuah populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi atau semesta tadi memiliki peluang yang sama untuk terpilih atau diambil, dengan menggunakan rumus Slovin, maka sampel 62 orang pemuda. hasil penelitian menunjukan tingginya tingkat peduli sosial sebesar 3,30 pada tafisran sedang, artinya masih ada 1,70 disebabkan oleh faktor lain yang tidak menjadi bagian pada penelitian ini.


Keywords


Peduli Sosial, Karang Taruna

References


Daeng Ayub Natuna. 2016. Kontribusi Akuntabilitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Penerapan Nilai Kewirausahaan di SMA Negeri Tambang, Kabupaten Kampar.Pelanbaru : Pascasarjana Universitas Riau

Daeng Ayub Natuna. 2018. Kontribusi Akuntabilitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Penerapan Nilai Kewirausahaan di SMA Negeri Tambang, Kabupaten Kampar.Pelanbaru : Pascasarjana Universitas Riau

Rahim, Ma’rifah. (2019). Peranan Pemuda Karang Taruna Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Di Desa Maradekaya Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar).

Sawitri, N., & Kisworo, B. (2014). Partisipasi pemuda dalam program karang taruna desa (studi pada pemuda di dusun kupang kidul desa kupang kecamatan ambarawa). Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, hal. 25.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 57 times
PDF Download : 36 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Wahyuni, Wilson Wilson, Masyitha Ramadhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.