Analisis Puisi "Seratus Untai Biji Tasbih" Karya Raudah Jambak dengan Pendekatan Pragmatik

Nurul Aisyah Syahkila(1), Sabrina Pramesuary Dwi Nanda(2), Tia Maharani(3), Safinatul Hasanah Harahap(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang sering mengandung makna yang kompleks dan multidimensi. Untuk memahami makna dalam puisi secara mendalam dan komprehensif, diperlukan pendekatan yang tepat. Pendekatan pragmatik merupakan salah satu pendekatan yang relevan karena mampu mengungkap makna dengan mempertimbangkan berbagai aspek kontekstual seperti latar belakang sosial budaya pengarang dan keadaan masyarakat sezamannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis puisi berjudul "Seratus Untai Biji Tasbih" karya penyair wanita kontemporer Indonesia bernama Raudah Jambak dengan menggunakan pendekatan pragmatik. Puisi ini dipilih karena dinilai memiliki nuansa keagamaan yang mendalam dan menarik untuk diteliti lebih jauh maknanya. Melalui teknik analisis isi, penelitian ini menguraikan tiga aspek utama yaitu makna yang terkandung, konteks sosial budaya penyair, serta tujuan penyair menciptakan puisi. Hasilnya menunjukkan bahwa puisi tersebut secara bermakna menggambarkan perjalanan spiritual sang penyair mendekatkan diri kepada Tuhan melalui berbagai upaya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang puisi serta manfaat pendekatan pragmatik dalam menganalisis karya sastra.


Keywords


Puisi, Pendekatan pragmatik, Makna, Konteks sosial budaya, Tujuan pengarang, Analisis isi, Perjalanan spiritual, Penyair wanita kontemporer, Raudah Jambak, Puisi "Seratus Untai Biji Tasbih"

References


Atmazaki. (2005). Ilmu Sastra. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Buttler, C. (2021). Speech Acts in Literature. Cambridge: Cambridge University Press. Krippendorff, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology (2nd ed.).

Levinson, S.C. (2019). Pragmatics. Cambridge: Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Nurgiyantoro, B. (2018). Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Pradopo, R.D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Thousand Oaks, CA: Sage.

Wellek, R. & Warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.

Yule, G. (2014). Pragmatics. Oxford: Oxford University Press.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 108 times
PDF Download : 64 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Aisyah Syahkila, Sabrina Pramesuary Dwi Nanda, Tia Maharani, Safinatul Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.