Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Safinatul Hasanah Harahap(1), Soraya Firanti Nur(2), Ester Marga Retta(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Masih banyak siswa yang kebingungan ketika harus memulai menulis karangan dalam paragraf narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keterampilan menulis narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan studi pustaka (library research) yaitu metode dengan pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian tersebut. Pengumpulan data tersebut menggunakan cara mencari sumber dan menkontruksi dari berbagai sumber contohnya seperti buku, jurnal dan risetriset yang sudah pernah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan bervariasi dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran dan dapat mempertinggi hasil belajar siswa.


Keywords


Keterampilan Menulis, Teks Narasi

References


Aprelia, D. A., Baedowi, S., & Mudzantun, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3).

Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2021). Pengaruh minat baca dan penguasaan kalimat terhadap kemampuan menulis narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169-184.

Malladewi, M. A. (2013). Peningkatan keterampilan menulis narasi ekspositoris melalui jurnal pribadi siswa kelas IV di SD Negeri Balasklumprik i/434 surabaya(Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Subandi, A. U., Satrijono, H., & Suhartiningsih, S. (2014). Meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi sugestif dengan menggunakan media gambar seri siswa kelas V SDN Arjasa 02 Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Edukasi, 1(1), 1-4.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 80 times
PDF Download : 45 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1767

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Safinatul Hasanah Harahap, Soraya Firanti Nur, Ester Marga Retta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.