Menguasai Seni Berkomunikasi Dengan Percaya Diri

Mutia Hani Sitorus(1), Lentiar Gultom(2), Safinatul Hasanah Harahap(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Jurnal ini membahas tentang pengembangan keterampilan komunikasi yang efektif dan percaya diri melalui metode penelitian literatur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi beragam strategi dan teknik yang dapat membantu individu dalam menguasai seni berkomunikasi dengan percaya diri. Dalam proses penelitian, penulis melakukan tinjauan mendalam terhadap literatur yang relevan dalam bidang komunikasi interpersonal, komunikasi nonverbal, dan teknik berbicara di depan umum. Selain itu, penulis juga menganalisis studi empiris yang telah dilakukan sebelumnya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri individu dalam berkomunikasi. Faktor-faktor tersebut meliputi penggunaan bahasa tubuh yang tepat, pengelolaan stres dan kecemasan, serta kemampuan mendengarkan yang baik. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan adanya beberapa teknik dan strategi yang dapat membantu individu dalam mengembangkan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi, seperti latihan peran, visualisasi, dan pemahaman tentang audiens.


Keywords


Seni Berkomunikasi, Percaya Diri, Strategi Komunikasi, Faktor-Faktor Kepercayaan Diri

References


Anggriani,2022.Mengembangkan Keterampilan berbicara dan rasa percaya diri melalui public speaking bagi anak panti asuhan wisma karya bakti.

Damartha V.F. strategi membangun keterampilan komunikasi

Kamil Islamiah,2021.Pengaruh public speaking terhadap kepercayaan diri dan kinerja pelaku bisnis sektor usaha menengah kecil mikro(UMKM) di masa pandemi Covid-19.

Nurlina,2021.Kecakapan komunikasi dalam membangun kepercayaan diri siswa SDN citaman 02,vol 1 No 6.

Triani C.C.2022,Pengaruh kepercayaan diri seorang public relation dalam berkomunikasi,Vol 1 No 2.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 108 times
PDF Download : 61 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mutia Hani Sitorus, Lentiar Gultom, Safinatul Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.