Pentingnya Menguasai Kemampuan Komunikasi Lisan Untuk Anak

Safinatul Hasanah Harahap(1), Mutiara Aprilia(2), Nayla Apriani Lubis(3),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Keterampilan berbicara adalah kemampuan seseorang untuk mengungkapkan pendapat, pikiran, dan perasaan secara lisan kepada seseorang atau kelompok. Keterampilan berbicara merupakan keterampilan berbahasa yang produktif dan memiliki struktur khas yang berupa rangkaian otomatis yang berpasangan. Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah bertujuan untuk melatih meningkatkan keterampilan berbicara khususnya pada siswa. Terdapat beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara, seperti menggunakan media gambar, media visual, dan situasi interaktif. Penelitian juga menunjukkan bahwa metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu, keterampilan berbicara perlu diperhatikan dan dilatih sejak dini agar seseorang dapat mengekspresikan pikiran, gagasan, dan perasaannya dengan baik melalui bahasa lisan.


Keywords


Keterampilan Berbicara, Bahasa Lisan, Pembelajaran, Upaya Peningkatan

References


Olva Susanti, Y. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1).

Kemal, I., Isthifa, & Huda, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak melalui Mendongeng pada Kelompok B di TK Al-Ikhlas Lamlhom Kecamatan Lhoknga Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 1(2).

Sulistyawati, R., & Amelia, Z. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak melalui Media Big Book. Jurnal AUDHI, 2(2).

Wahyuni, I. F., et al. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa dalam Menceritakan Peristiwa yang Dialami menggunakan Metode Talking Stick Berbantuan Media Gambar Seri. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1).

Wabdaron, D. Y., & Reba, Y. A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda, 2(1).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 108 times
PDF Download : 61 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Safinatul Hasanah Harahap, Mutiara Aprilia, Nayla Apriani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.