Demokrasi Pancasila

Aprilyautami Aprilyautami(1), Viola Safitri(2), Azrina Febriyani Nasution(3), Karin Vazira(4),


(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(2) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(3) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
(4) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Corresponding Author

Abstract


Ideologi dan asas Pancasila sebagai sistem demokrasi sudah ada di Indonesia sejak lama, dan jika ingin menjadi negara ideal maka dalam pelaksanaannya harus berlandaskan demokrasi. Diketahui bahwa Pancasila merupakan landasan demokrasi pemerintahan Indonesia. Pancasila memang menawarkan demokrasi yang ideal dan sejati. Hanya Pancasila sebagai ideologi negara selama 70 tahun dan juga sebagai pilar demokrasi, dengan adanya perubahan politik di negeri ini ternyata berbeda tampilannya. Mengapa demokrasi selalu menjadi isu dan pilihan moral dalam perjuangan politik? Karena masyarakat sadar dirinya mempunyai kelemahan moral kecenderungan untuk mengontrol dan mendominasi orang lain. Jika Kecenderungan ini melekat pada diri seseorang yang kebetulan mempunyai kekuasaan, dan tidak ada mekanisme kendali untuk memperingatkan dan mengendalikannya, sehingga Biasanya masyarakatlah yang menjadi korbannya.


Keywords


Demokrasi, Demokrasi Pancasila, Landassan Negara

References


Gandamana, A. (n.d.). Memaknai Demokrasi Pancasila.

Haifarashin, R., & Anggraeni Dewi, D. (n.d.). Pengimplementasian Sistem Demokrasi Pancasila dalam Organisasi Kepemudaan Karang Taruna.

Kaban, R. (2003). Implementasi Demokrasi Pancasila Dalam Kehidupan Bernegara.

Pancasila, D., Bhineka, D., Ika, T., Heterogenitas, S., & Tjarsono, I. (n.d.). Demokrasi Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Solusi Heterogenitas (Idjang).

Yunus, N. R. (2015). Aktualisasi Demokrasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, 2(2), 156–166. https://doi.org/10.15408/sd.v2i2.2815


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 262 times
PDF Download : 169 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 karin vazira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.