Pengaruh Kemampuan Mengajar Matematika Guru Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Surya Kids Bukittinggi

Waafani Firdaus(1), Yeni Solfiah(2), Ria Novianti(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mengajar matematika guru terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun, serta untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh kemampuan mengajar matematika guru terhadap mengenal konsep bilangan anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif. Tingkat pencapaian perkembangan yang tercantum dalam Permendiknas No. 58 Tahun 2009, yaitu anak-anak mampu mengenal lambang bilangan dari 1-10 jika diajarkan dalam lingkungan yang menyenangkan. Untuk membantu anak menguasai kemampuan menghitung bilangan tersebut, guru harus memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep matematika. Matematika sangat memengaruhi kehidupan manusia. Sebenarnya, matematika tidak menjadi masalah bagi seseorang. Ini dapat dilihat dari bagaimana orang dewasa menggunakan konsep dan pemikiran matematika untuk menyelesaikan berbagai masalah saat ini. Berdasarkan hasil penelitian Pengaruh Kemampuan Mengajar Matematika Guru Terhadap Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia 5-6 Tahun di TK Surya Kids. hasil kesimpulan dari penelitian ini berupa. Penelitian ini memperoleh gambaran kemampuan mengajar matematika guru di TK Surya Kids Bukittinggi yang didapatkan melalui kuesioner dengan persentase 93% dan penelitian ini juga memperoleh gambaran kemampuan mengenal angka anak di TK Surya Kids Bukittinggi dengan cara studi dokumen yang mencapai persentase 71%. berdasarkan rumus Regresi Linear pengaruh yang diberikan sebesar 41.9%.


Keywords


Kemampuan Mengajar, Matematika, Guru, Konsep Bilangan

References


Copley, Juanita. 2001. The Young Child and Mathematics. Washington DC: NAEYC.

Shoffa, Shofan. 2017 Keterampilan Dasar Mengajar. Surabaya. Mavendra Pers.

Sitti Hartinah, D. S., & Setiawan, T. (2013). Sikap Guru Taman Kanak-Kanak Terhadap Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(1).

Suriasumantri, Meningkatkan Kemampuan Anak Didik di Taman Kanak-Kanak, (Surabaya, Cipta Press, 2013)

Solfiah, Y. (2018). Kindergarten Teacher’s Ability In Teaching Math In Tk Pembina Of Pekanbaru City. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education,

Sofia Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan TinggiDirektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sood, S., & Mackey, M. (2015). Examining the Effects of Number Sense Instruction on Mathematics Competence of Kindergarten Students. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 2(2), 2349. Retrieved from www.arcjournals.org

Suyanto dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ul’fah Hernaeny, M. P. (2021). Populasi Dan Sampel. Pengantar Statistika, 1, 33.

Wardani, K., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2014). Pengaruh Sikap dan Prilaku Guru pada Saat Mengajar di Kelas. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(5).

Zahara, I., Fauzia, S. N., & Mandira, G. (2023). Upaya Guru Dalam Pengenalan Konsep Bilangan Untuk Anak Usia Dini di PAUD Sbb Muji Mesra Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2).

Zuldafrial 2012. Penelitian kualitatif. Surakarta : Yuma Pustaka


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 58 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Waafani Firdaus, Yeni Solfiah, Ria Novianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.