Hasil Survei Politik dan Partisipasi Mahasiswa Dalam Pemilihan Umum

Syifa Nandiny(1), Ronni Juwandi(2),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan persepsi mahasiswa terhadap hasil survei politik dalam konteks peningkatan partisipasi pemilu. Menggunakan penelitian kombinasi (mixed method) dengan metode kuantitatif-korelasional sebagai metode primer. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Untirta, Universitas Primagraha dan Universitas Banten Jaya. Sampel dari responden penelitian ini sebanyak 91 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proporsional sampling. Perhitungan validitas dan reliabilitas menggunakan aplikasi SPSS versi 26, sedangkan tingkat persepsi diukur melalui pengukuran dengan interpretasi nilai x dalam skala guttman. Temuannya menunjukkan interpretasi tidak sesuai dengan persentase 47,25% atau 47%. Hasil ini menyoroti preferensi alternatif para mahasiswa dalam upaya peningkatan partisipasi pemilu adalah penggunaan media sosial yang digaungkan sebagai preferensi utama para mahasiswa yang merupakan bagian dari pemilih generasi muda. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman dalam memperkaya hasil penelitian yang telah ada mengenai kajian politis partisipasi dan keterlibatan pemilih dalam konteks Pemilu.


Keywords


Persepsi, Lembaga Survei Politik, Pemilu

References


Audina & Wahyutama. Media Sosial sebagai Preferensi Sumber Informasi Politik Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 7 Nomor 2, 2023. Diakses pada 30 November 2023.

Mike Farjam, The Bandwagon Effect in an Online Voting Experiment With Real Political Organizations, International Journal of Public Opinion Research, Volume 33, Issue 2, Summer 2021,

Pengukuran Skala Guttman Tradisional Revisi, (2014)

Putri, D. (2020). Pengaruh Hasil Polling Terhadap Pembentukan Opini Pemilih Pemula. Bunga Rampai Tata Kelola Pemilu Indonesia Edisi 2, September 2020. Diakses pada 10 Mei 2023

Putri. P & Sari. M. (2020). Karakteristik Pilihan Politik Pemilih Pemula di Kabupaten Sidoarjo. JCMS Vol. 5 No. 2.

Saiin, A. Partisipasi Politik Masyarakat Terhadap Pemilihan Umum Perspektif Good Governance. Jurnal Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau: Edisi Kedua – Juli 2020.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, hlm 122, 145, 290 dan 291.

Surokim. Riset Opini Publik Dalam Industri Politik Di Indonesia: Kelembagaan, Publikasi, Peluang, dan Tantangan. Jurnal Untag Surabaya: Vol 1 No. 1, 2021.

Tiktok, Instrumen Media Sosial Baru dalam Politik (2021)

Wirachandra, M (2023). Pengaruh Hasil Survei Elektabilitas Calon Bupati Terhadap Partisipasi Masyarakat Desa Purwasari Kabupaten Tasikmalaya. Skripsi, Universitas Siliwangi.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 96 times
PDF Download : 59 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.1869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syifa Nandiny

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.