Penerapan Uji Rank Spearman Terhadap Analisis Hubungan Tingkat Kemampuan Matematika Dengan Nilai Akhir Mata Kuliah Statistika dan Data Sains

Rajwa Lailatul Fitri(1), Rifda Noviandhita Putri(2), Siska Fitriyah(3), Lindy Shaliha(4), Ratna Sari(5),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari proses pengumpulan fakta, dimana fakta yang dihimpun umumnya berbentuk angka-angka yang disusun dan divisualisasikan dalam bentuk diagram atau tabel yang memberikan gambaran suatu kumpulan data yang mempunyai arti serta kesimpulan akhir. Matematika adalah ilmu pengetahuan tentang penalaran logika serta analisis mengenai bentuk, susunan, serta besaran dari suatu fakta kuantitatif yang berhubungan dengan bilangan. Ilmu materi secara umum juga dapat diartikan sebagai ilmu bilangan dan angka. Ilmu matematika memiliki berbagai teori dasar, salah satunya adalah statistika. Penelitian ini dilakukan untuk melihat hubungan antara tingkat kemampuan matematika terhadap nilai akhir mata kuliah statistika dan data sains pada mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa program studi Agribisnis angkatan 2022. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan adalah 27 data. Instrument yang digunakan dalam menghimpun data yaitu kuisioner yang berisi pertanyaan mengenai tingkat kemampuan matematika serta nilai mata kuliah statistika dan data sains yang diperoleh. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis Rank Spearman. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan matematika terhadap nilai akhir mata kuliah statistika dan data sains.


Keywords


Rank Spearman, Statistika, Matematika

References


Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1).

Kadir. (2015). "Statistika Terapan". Jakarta: RajaGrafindo Persada

Kasingku, J. D., & Mantow, A. (2022). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Unklab. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1989–2002.

Loliyana, L. (2022). Implementasi Strategi Team Quiz Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(2), 157-169.

Mashuri, Ali. (2022). "Statistika Nonparametrik". Malang: Inara Publisher.

Nuryadi dkk. (2017). "Dasar-dasar Statistika Penelitian". Yogyakarta: Gramasurya

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Subur, J. (2013). Analisis kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan tingkat kemampuan matematika di kelas. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1).

Yanuarto, W. N., & Hapsari, I. (2022). The Model of Creative Thinking, Critical Thinking, and Entrepreneurial Skills Among University Students. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 6(2), 411–424.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 79 times
PDF Download : 52 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rajwa Lailatul Fitri, Rifda Noviandhita Putri, Siska Fitriyah, Lindy Shaliha, Ratna Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.