Analisis Korelasi Antara Kuantitas Waktu Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Desta Gisella Amelia(1), Marsela Natasya(2), Masrifa Septiana(3), Zharifta Kusuma Dewi(4), Nur Halizah(5),


(1) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(2) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(3) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(4) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
(5) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Corresponding Author

Abstract


Waktu tidur yang cukup merupakan hal yang sangat diidamkan para mahasiswa pada umumnya, hal ini dikarenakan tidak sedikit mahasiswa yang memiliki cukup waktu untuk tidur, dengan kuantitas waktu tidur yang dimiliki tiap mahasiswa tentu juga berpengaruh terhadap kegiatan yang dijalankan keesokan harinya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah mengenai hubungan kuantitas waktu tidur dengan tingkat konsentrasi belajar pada Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah ada korelasi antara waktu tidur dengan tingkat konsentrasi mahasiswa Agribisnis di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan kategori penelitian kuantitatif, yaitu dengan memaparkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan prosedur statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Non-Parametrik analisis Korelasi Spearman menggunakan software Rstudio. Hasil analisis berdasarkan uji koefisien Korelasi Spearman menunjukkan adanya hubungan kuantitas waktu tidur dengan tingkat konsentrasi mahasiswa Agribisnis sebesar 0.03967 hal ini menunjukkan hubungan yang signifikan, artinya semakin cukup waktu tidur yang dimiliki para mahasiswa Agribisnis semakin baik pula konsentrasi mereka dalam menerima pembelajaran di keesokan harinya.


Keywords


Korelasi Spearman, Waktu Tidur, Konsentrasi Belajar

References


Herawati, H. (2020). Memahami proses belajar anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27-48.

Mediawati, Elis. 2010. Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa dan Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Belajar. Journal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. Vol.5, No.2. Hal.134-146.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 68 times
PDF Download : 51 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Desta Gisella Amelia, Marsela Natasya, Masrifa Septiana, Zharifta Kusuma Dewi, Nur Halizah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.