Upaya Penanggulangan Mahasiswa Terhadap Cyberbullying

Rihhad Nazhmi Maulana(1), Aliifah Nabila Putri(2), Aghnia Khairunnisa(3), Hasna Luthfiyyah Nazhif(4), Supriyono Supriyono(5),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mahasiswa dalam menghadpi kasus cyberbullying. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui google form kepada para mahasiswa. Penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kepeduliaan dan kepekaan terhadap cyberbullying terutama mengenai kesehataan mental. Survey dari 30 responden mengatakan bahwa kasus cyberbullying sangat meresahkan rakyat Indonesia. Akibat dari cyberbullying juga dapat mengakibatkan suatu hal yang fatal yaitu terjadinya kasus bunuh diri. Maka dari itu, cyberbullying seharusnya ditanggapi dengan serius.Undang Undang Informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) mengatur perihal kasus cyberbullying.Namun,pada kenyataannya, UU ITE belum sepenuhnya menjamin dapat mengurasi kasus cyberbullying. Sehingga, cara yang paling tepat menghindari cyberbullying adalah diri sendiri. Hasil penelitian menunjukan bahwa cyberbullying terjadi karena adanya kurangnya pembelajaran dalam penggunaan media sosial dan masih terjadi kasus bullying turun temurun di lingkungan sekolah. Maka dari itu, diperlukan kepekaan  para mahasiswa agar lebih memperhatikan dan mengingatkan penggunaan sosial media kepada keluarga, kerabat maupun, saudara. Simpulan dari penelitian ini adalah cyberbullying merupakan kejahatan sangat membahayakan bagi diri seseorang walaupun tidak melakukan secara fisik melainkan non fisik. Selain itu para pemerintah juga diperlukan untuk mengawasi penggunaan media sosial. sehingga perilaku cyberbullying tidak menyebabkan banyak korban.


Keywords


Cyberbullying, Penanggulangan, dan Media Sosial

References


Azzahra, S. A., Soesanto, E., & Febrianti, Z. D. (2023). Strategi Pencegahan Dan Intervensi Cyberbullying Untuk Meningkatkan Kesehatan Mental Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(10), 928-933.

Dokubani, K. N., & Hendriani, W. (2023). Persepsi Remaja Terhadap Cyberbullying. Jurnal Syntax Fusion, 3(08), 899-909.

Handayani, N. (2020). Pelatihan keterampilan sosial model remaja kuat dalam penanganan korban cyberbullying. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3(2), 228-243.

IHC Telemed. (2021). Apa Saja Jenis-Jenis Cyber Bullying. Telemedihc.Id.

Imani, F. A., Kusmawati, A., Moh, H., & Tohari, A. (2021). Pencegahan Kasus Cyberbullying Bagi Remaja Pengguna Sosial Media. In Journal of Social Work and Social Services (Vol. 2, Issue 1).

Ningrum, M. B. W., & Estria, S. R. (2020). Hubungan Karakteristik Mahasiswa Dengan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Palupi, M. F. T., & Norhabiba, F. (2021). Edukasi Literasi Digital pada Remaja dalam Menangkal Cyberbullying. Jurnal Abdidas, 2(4), 1014-1020.

Ramadhona, Y., Samha, A. C., Putri, M. Z., Effendi, F., Puspaningrum, D. W., & Arribath, A. F. (2023). Upaya Peningkatan Konsep Diri Dalam Mengatasi Cyberbullying Pada Remaja Di Era Society 5.0. Educate: Journal Of Education and Learning, 1(1), 8-16.

Wulandari, H., & Ningsih, S. A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Sejak Dini Untuk Melawan Aksi Bullying Era Revolusi 5.0. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 14773-14787.

Yulieta, F. T., Syafira, H. N. A., Alkautsar, M. H., Maharani, S., & Audrey, V. (2021). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(8), 257-263.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 143 times
PDF Download : 60 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i1.1916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rihhad Nazhmi Maulana, Aliifah Nabila Putri, Aghnia Khairunnisa, Hasna Luthfiyyah Nazhif, Supriyono Supriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.