Persepsi Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia terhadap Pembelajaran Pendidikan Pancasila

Syammaz Az Zaydarach Yusra(1), Insani Najwa Qotrunnida(2), John Robert Rivera(3), Mohammad Sirojul Fikri(4), Najwa Huzaifah(5), Supriyono Supriyono(6),


(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(5) Universitas Pendidikan Indonesia
(6) Universitas Pendidikan Indonesia
Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia terhadap pembelajaran Pendidikan Pancasila. Pembelajaran Pendidikan Pancasila merupakan komponen penting dalam kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia, dengan tujuan mengembangkan pemahaman mahasiswa terhadap nilai-nilai Pancasila sebagai dasar filsafat negara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survei yang disebarkan kepada mahasiswa berbagai program studi di Universitas Pendidikan Indonesia yang telah dan sedang mempelajari mata kuliah pendidikan Pancasila. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statistik untuk mengidentifikasi pola persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran ini. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui frekuensi jawaban responden dan presentasenya.  Hasil penelitian memperlihatkan bahwa persepsi mahasiswa universitas pendidikan indonesia terhadap pembelajaran pendidikan Pancasila tergolong baik walaupun pendidikan Pancasila masih dianggap tidak mudah jika dibandingkan dengan mata kuliah lain. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap literatur pendidikan dan pembelajaran nilai-nilai Pancasila di tingkat perguruan tinggi, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan dan praktek pendidikan di masa mendatang.


Keywords


Persepsi, Mahasiswa, Pembelajaran, Pancasila

References


Emiliasari, R. N., & Kosmajadi, E. (2019). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris. JURNAL MADINASIKA Manajemen Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 35-42.

Larasati, D. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar pada BPOM Ditinjau dari Prilaku Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 di IAIN Metro Lampung) (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Lestari, S. A. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Sikap Ideologi Pancasila Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(2), 445-454.

Meiliyati, R. (2022). Persepsi Mahasiswa Ekonomi Syariah terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Aphorisme: Journal of Arabic Language, Literature, and Education, 3(1), 36-51.

Widiastuti, N. E. (2021). Lunturnya Sikap Nasionalisme Generasi Milenial Terhadap Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 80-86.

Yani, F., & Damayanti, E. (2020). Implementasi nilai-nilai pancasila melalui pendidikan pancasila sebagai upaya membangun sikap toleransi pada mahasiswa di universitas potensi utama. Jurnal Lex Justitia, 2(1), 48-58.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 77 times
PDF Download : 58 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Syammaz Az Zaydarach Yusra, Insani Najwa Qotrunnida, John Robert Rivera, Mohammad Sirojul Fikri, Najwa Huzaifah, Supriyono Supriyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.