Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Aalam Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Kelas 4 SDN Cipalangka

Nurul Aeni Islami Dini(1), Rahmat Permana(2), Sunanih Sunanih(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Kegiatan utama dalam proses suatu pendidikan di sekolah adalah proses belajar mengajar, proses belajar mengajar yang terjadi di kelas merupakan suatu penentu keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan. Untuk mengembangkan potensi manusia, diperlukan proses pembelajaran yang efektif. Selain itu, sarana dan prasarana juga berperan penting dalam mendukung proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Bagian-bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SDN Cipalangka. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan bentuk penelitiannya adalah Quasi Experimental Design. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh pada sesuatu yang diberi perlakuan terhadap yang lain dalam kondisi yang dapat dikendalikan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dari seluruh siswa di kelas IV SDN Cipalangka yang berjumlah 32 siswa. Cara penentuan pengelompokkan siswa dilakukan dengan cara kocok arisan, yaitu 16 siswa untuk kelas eksperimen dan 16 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian yang peneliti dapatkan pada SDN Cipalangka yakni, berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 26, diperoleh sig. (2.tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya kelas 4 SDN Cipalangka terdapat pengaruh yang signifikan dan H0 ditolak. Selain itu, nilai rata-rata postest yang diperoleh pada kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diberikannya perlakuan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Kemudian, data yang diperoleh dalam penelitian ini berdistribusi normal dan homogen dengan taraf signifikansi normalitas data 0,062 > 0,05, dan taraf signifikansi homogenitas data yaitu 0,514 > 0,05. yang berarti Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya berpengaruh terhadap prestasi belajar IPA kelas 4 SDN Cipalangka.


Keywords


Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar

References


Abdul, Ridwan Sani. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas.

Ali Hamzah. Evaluasi pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.

Aris Shoimin. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Arsyad Azhar. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta. PT RajaGrafindo Persada.

Basuki, A. T. (2015). Penggunaan SPSS dalam statistik. Penerbit Danisa Media. Yogyakarta.

Dikrullah, D., Rapi, M., & Jamilah, J. (2018). Pengembangan herbarium book sebagai media pembelajaran biologi pada mata kuliah struktur tumbuhan tinggi. Jurnal Biotek, 6(1), 15-25.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Hendra, H. (2021). Pembelajaran Kontekstual (CTL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPA pada Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1).

Henikusniati dkk, Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMK Negeri Mataram, 2015..

Hidayati, I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbantu dengan Herbarium Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kependudukan, B., & Nasional, K. B. (2023). BAB 4 Kerangka Berpikir Dan Kerangka Konsep. Metodologi Penelitian Kesehatan, 73.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian pendidikan matematika (Anna (ed.). Bandung: PT Refika Aditama.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran: Inovatif, Kreatif Dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Saefuddin, A. & Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soleha, F., Akhwani, A., Nafiah, N., & Rahayu, D. W. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3117-3124.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sujarweni, V Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh kemampuan pedagogik guru dengan hasil belajar ips.

Taniredja, Tukiran. Efi Miftah Faridli dan Sri Harmianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, 2014.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 46 times
PDF Download : 16 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Aeni Islami Dini, Rahmat Permana, Sunanih Sunanih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.