Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Negawan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas 4 pada Materi Keragaman Hewan

Dede Via Fauziah(1), Rahmat Permana(2), Yopa Taufik Saleh(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu masalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA terutama dalam tema peduli terhadap makhluk hidup subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku materi keragaman hewan. Tujuan dari pnelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan media pembelajaran Monopoli Negawan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran Monopoli Negawan dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan 7 tahap menggunakan pendekatan deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 1 Sodonghilir, SDN Kersagalih dan SDN 1 Cikalong. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling, dimana siswa kelas IV SDN 1 Sodonghilir merupakan sampel dan digunakan untuk menguji efektifitas Media Pembelajaran Monopoli Negawan. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran angket validasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tahap Uji coba kecil, diperoleh skor 17,7 rata-rata 3,54 dengan kelayakan media sangat baik. Uji coba besar memperoleh skor 35,5 rata-rata 3,55 dengan kelayakan media sangat baik. Adapun media pembelajaran monopoli negawan masuk pada kategori efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan skor rata-rata N-Gain sebesar 0.81 atau 81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran monopoli negawan efektif digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.


Keywords


Media Pembelajaran, Monopoli Negawan, Hasil Belajar

References


Adam, Steffi dan Syastra, M.T. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam.

Auliah, F.N. 2022. Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dan solusi. Jurnal AoEJ: Academy of Education Journal.

Budayasa, I. K. 2020. Pengembangan Media Permainan Edukatif Tebak Gambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Siswa Tunarungu Riza Mahdalena Pendidikan Luar Biasa, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya Sujarwanto Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilm. 02, 76-85.

Miftakhul Jannah, F .2017. Pengembangan Permainan Monopoli dengan Media Flashcard Untuk Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II SD Di Semarang. Universitas Negri Semarang.

Nurlaila, Prihatni, Y., & Winingsih, P. H.2017. Pengembangan lembar kegiatan siswa (lks) berbasis inkuiri terbimbing pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika- COMPTON, 4(2), 43-48.

Ramadhani, S. Leonard,L., Nurmantoro, M.A and Sumiat, J.M. 2022. The Development of MONOTIKA (Monopolu Mathematics) Learning Media in Algebraic Material for Junior High School Students In Grade VII. Formatif: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. 2020. Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162-167

Sugiyono, prof. D. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods) (M. T. Sutopo (ed)). ALFABETA, cv.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 43 times
PDF Download : 19 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dede Via Fauziah, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.