Pengembangan Media Pembelajaran Paludarium Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Sukarame

Sukma Lugina(1), Mohammad Fahmi Nugraha(2), Rahmat Permana(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektifitas media pembelajaran paludarium terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas V Sekolah Dasar di Kecamatan Sukarame. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, namun penelitian ini difokuskan sampai tahap ke 7. Tempat penelitian di SDN Sindangsari dan subjek penelitian siswa kelas 5 sekolah dasar. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, kuisioner, tes dan studi dokumenter. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis kuantitaif serta analisis hasil tes siswa berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian yaitu: (1) Media Pembelajaran Paludarium layak digunakan dengan hasil akhir validasi ahli media I sebesar 75% dan dari ahli media II sebesar 72% dengan kategori “Layak”. Validasi ahli materi sebesar 75% dengan kategori “Layak” dan 96% dengan kategori “Sangat Layak”. Validasi ahli bahasa sebesar 100% dengan kategori “Sangat Layak”. (2) Penilaian pada uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 91% dengan kategori “Sangat Layak” dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Dari hasil tersebut media pembelajaran Paludarium sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada meteri ekosistem di kelas V SD. (3) Hasil dari pretest dan posttest terjadi perubahan yang sangat besar. Skor pretest rata-rata sebesar 48 sedangkan rata-rata posttest sebesar 92, hasil ini menunjukan rata-rata hasil posttest lebih besar dari hasil rata-rata pretest. Efektifitas media diukur menggunakan perhitungan N-Gain dan mendapat nilai 0,87 dengan kriteria tinggi. Maka pelaksanaan uji efektifitas pada kelas eksperimen dinyatakan efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut pengembangan media pembelajaran Paludarium terhadap hasil belajar siswa memperoleh peningkatan yang sangat besar dibanding dengan tidak menggunakan media pembelajaran.


Keywords


Pendidikan, Media Pembelajaran, Ekosistem, Paludarium, Hasil Belajar Siswa

References


Ahmed Patria Umma, Z. (2018). Pengembangan Media Paludarium pada Materi Ekosistem Hutan Hujan Tropis Mata Kuliah Ekologi Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Negeri Surabaya. 1–6.

Amalia Fitri Ghaniem, dkk. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta Selatan: Pusat Perbukuan Kemendikbudristek.

Bahri, A. S., Badawi, Hasan, M., Arifudin, O., Darmawan, I. P., Arfah, F. &., et al. (2021). Pengantar Penelitian Pendidikan. Bandung: Widiana Bhakti Persada.

Budianingsih, A. (2015). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Cipta

Dahar, R.W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Elgrice, V. (2022). Pengembangan Mini Paludarium sebagai Media Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Ekosistem Di SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Irianto, K. (2016). Ilmu Lingkungan. Bali: Percetakan Bali.

Komala, R., Suryanda, A., & Dia Lismana, D. (2016). Pengembangan Paludarium sebagai Media Pembelajaran Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Di SMA. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (biosferjpb), 9(1), 10–14.

Kustandi, C., & Sutjipto, B. (2016). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Maknun, D. (2017). Ekologi : Populasi, Komunitas, Ekosistem Mewujudkan Kampus Hijau Asri, Islami dan Ilmiah. Cirebon: Nurjati Press.

Murhananto. (2002). Paludarium Paduan Gemericik Air Terjun & Eksotika Akuarium. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Novitasari, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Light Square Package Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Pada Materi Energi Cahaya. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Tutorial Pembuatan Media Aquascape Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X SMA Bandar Lampung. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung, 41-43.

Rianti, A. (2017). Konsep Ekologi dalam Pembangunan Berkelanjutan. Yogyakarta: Mobius.

Sandika, B. (2021). Ekologi (Integrasi Islam Sains) (A. Fikriyah (ed.); Citra Dharma Cendekia.

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sumantri, M. dkk. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaputra, I. A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pendidikan Seks Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 6 SD Dalam Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual Terhadap Anak. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya.

Widoyoko, S. E. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 63 times
PDF Download : 34 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sukma Lugina, Mohammad Fahmi Nugraha, Rahmat Permana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.