Pendidikan Karakter dalam Novel Senyum Dahlan Karya Tasaro GK

Hardiansyah Hardiansyah(1), Elmustian Elmustian(2), Elvrin Septyanti(3),


(1) Universitas Riau
(2) Universitas Riau
(3) Universitas Riau
Corresponding Author

Abstract


Novel bisa dijadikan sebagai penunjang pembelajaran, khususnya dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter salah satu hal yang harus ditanamkan dan dididik kepada generasi penerus bangsa yang mana terkandung di dalam novel. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Senyum Dahlan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog dalam novel Senyum Dahlan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu membaca novel secara kontinu dan mencatat data-data yang diperlukan dalam penelitian ini. Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas yaitu peningkatan ketekunan dan member check. Teknis analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisis data yaitu ditemukan 17 pendidikan karakter dalam novel Senyum Dahlan yaitu cinta tanah air, peduli sosial, tanggung jawab, religius, rasa ingin tahu, bekerja keras, gemar membaca, toleransi, kreatif, jujur, mandiri, cinta damai, komunikatif, menghaargai prestasi, disiplin dan demokratis, semangat kebangsaan.


Keywords


Pendidikan Karakter, Novel

References


Ahmadi, A. (2019). Metode penelitian sastra. Penerbit Graniti.

Eliastuti, M., Sianturi, R., Amarsuta, C. S., & Damayanti, N. (2023). Kajian Kastrasi Dalam Novel “Sebuah Harga Untuk Percaya” Karya Tere Liye. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 102-106

Endraswara, S. (2021). Metodologi Penelitian Fenomenologi Sastra.

Haslinda, A. (2019). Kajian apresiasi prosa fiksi berbasis kearifan lokal makassar. Makassar: LPP Unismuh Makassar .

Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Pasal 1 (Lembaran Negara RI tahun 2017 Nomor 195).

Turnip, E., Chairunnisa, H., Damanik, P. E., & Napitupulu, P. U. A. (2021). Unsur Intrinsik Dan Nilai Pendidikan Dalam Novel Cinta Di Dalam Gelas Karya Andrea Hirata. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (Semnas PBSI)-3 (pp. 121-128). FBS Unimed Press


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 84 times
PDF Download : 56 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hardiansyah Hardiansyah, Elmustian Elmustian, Elvrin Septyanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.