Pengaruh Strategi Pembelajaran Synergetic Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 7 Subtema 1 Muatan IPA Kelas IV SD Negeri Sumelap 3

Ai Yuni Sucaiani(1), Sunanih Sunanih(2), Budi Hendrawan(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(2) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
(3) Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching terhadap hasil belajar siswa pada Pada Tema 7 Subtema 1 Muatan IPA Kelas IV SD Negeri Sumelap 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Sumelap 3, populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sumelap 3 yang berjumlah 28 siswa, untuk sampel penelitian kelompok eksperimen terdiri dari 14 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 14 siswa. Sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui tes yaitu pretest dan posttest. Dan kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu diperoleh sig. (2-tailed) kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Synergetic Teaching 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 86,07 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 71,07, maka µ1 > µ2 atau 87,07 > 71,07. Synergetic Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri Sumelap 3.


Keywords


Strategi Pembelajaran, Synergetic Teaching, Hasil Belajar

References


Anisa, Joko, & Sulifah. (2013). Efektivitas Strategi Pemebelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa Menggunakan Strategi Synargetic Teaching (Pada Mata Pelajaran Biologi Di Smp Negeri 10 Jember). E-jurnal. [Online]. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember, Vol. 2, No. 4, hal 100-110.

Basuki, Agus Tri. 2015. Analisis Statistik dengan SPSS. Sleman: Danisa Media.

Silbermen, Melvin L. (2013). Active Learning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surianto. 2018. Pengaruh Strategi Synergetic Teaching Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri 73 Lamogo Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Skripsi Diterbitkan: Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar.

Ubaidillah, Firman. 2014. Pengaruh strategi pembelajaran Synergetic Teaching (pengajaran bersinergi) terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas V MI NU ThoriqotusSa’diyah Kudus tahun pelajaran 2013-2014. Skripsi Diterbitkan: UIN Walisongo.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 59 times
PDF Download : 33 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ai Yuni Sucaiani, Sunanih Sunanih, Budi Hendrawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.