Pengaruh Pendekatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV pada Materi KPK dan FPB

Made Sri Astika Dewi(1),


(1) Universitas Triatma Mulya
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh pendekatan lingkungan sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV pada materi Komisi Pemberantasan Korupsi dan FPB. Metode Penelitian Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Gumbrih. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelompok kontrol sebanyak 34 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan metode eksperimen verifikasi, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajarkan dengan metode demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar siswa kelas IV pada materi KPK dan FPB. Tes hasil belajar siswa kelas IV merupakan tes objektif berbentuk pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban yaitu A, B, C, dan D pada konsep benda dan sifat-sifatnya. Prestasi belajar matematika siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol baik dan cukup. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) pretest yang meningkat ketika diberikan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan lingkungan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang menggunakan metode eksperimen semu.


Keywords


Pendekatan Lingkungan, Motivasi Belajar, KPK dan FPB

References


Budhayanti, Clara Eka Sari. (2008). Pemecahan Masalah Matematika..Jakarta: Dirjendikti Depdiknas.

Burhan Mustaqim, 2008. Ayo Belajar Matematika Kelas IV. Jakarta.

Dewi, M. S. A. (2022). Analisis miskonsepsi anak sekolah dasar dalam memahami konsep nilai tempat bilangan dua angka pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2477-2482.

Dewi, M. S. A., Astuti, N. M. I. P., & Lestari, N. A. P. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Quantum Reading Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 11-20.

HASNAH, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Prestasi belajar IPA Konsep Sistem Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas V SD. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Mania, S. (2017). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 11(2), 220–23.

Nuzula, M. I. F., Rohadi, E., & Noor, S. A. (2020). Analisa Hasil Klasifikasi Seminar Menggunakan Metode Statistik Deskriptif dan Inferensial. Seminar Informatika Aplikatif Polinema, 58–63.

Russeffendi, ET. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini untuk Guru dan SPG. Bandung: Tarsito.

Soedjadi, R. (1999). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatis dan R&D. ALFABETA, CV.

Susanto, (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 72 times
PDF Download : 50 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Made Sri Astika Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.