Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspositori sebagai Alat untuk Meningkatkan Kualitas Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Dina Sidabutar(1), Nila Nasution(2), Regina Situmorang(3), Lili Tansliova(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemahaman siswa terhadap materi di pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran ekspositori. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan mengumpulkan dan menganalisis konten berbagai referensi terkait topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori ini akan membantu siswa lebih memahami materi lebih baik mengenai pelajaran bahasa Indonesia karena peran guru yang menjelaskan materi secara akurat dan lebih terpercaya.


Keywords


Strategi Ekspositori, Pembelajaran, Peningkatan, Bahasa Indonesia, Siswa

References


Anas, Andi Utari, (2019). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran ekspositori berbasis media audiovisual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Islam Terpadu Wahda Islamiah Makassar.Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Alauddin: Makassar.

Ariani, Tri. Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar fisika. Jurnal inovasi dan pembelajaran Fisika.Program Studi Pendidikan Fisika. Fkip: Universitas Sriwijaya.

Arsini. (2022)."Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Babakan Kalimanah Purbalingga". Tesis.

Hassan Basri. (2007). Pembelajaran efektif. Pustaka Pelajar: Jakarta Lubis, Hajar Aswaddaini. "Penerapan metode Ekspositori Bervariasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah." Jurnal Bahas Unimed 27.3 (2011)

Rusmono. (2010). Metode pembelajaran.Pustaka Pelajar:Jakarta.

Zainuri, S.H, dkk. (2023). "Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori pada Mata Pelajaran IPS di SD/MI". Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol.7, No.3


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 45 times
PDF Download : 29 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dina Sidabutar, Nila Nasution, Regina Situmorang, Lili Tansliova

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.