Mengembangkan Kurikulum yang Lebih Kontekstual dan Relevan Dengan Perkembangan Zaman

Sri Muallimah(1), Lisa Alfira Andini(2), Yosina Kristin Cawem Sanadi(3), Elisman Panggodyan Siregar(4), Sri Yunita(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Tulisan ini membahas tentang pengembangan kurikulum yang lebih kontkstual dan relevan dengan perkembangan abad ke 21, pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan responsif terhadap perubahan menjadi prioritas utama bagi pemangku kepentingan pendidikan. Kurikulum yang relevan dengan kontekstual dan relevan dengan perkembangan saat ini berpotensi menjembatani kesenjangan antara pembelajaran di kelas dan kehidupan nyata. sedang belajar. Adapun pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual ini berpengaruh kepada beberapa bagian yaitu : 1.pengunaan media pembelajaran elektronik,(2)prinsip prinsip profil pancasila(3)Tantangan Perkembangan Kurikulum Kontekstual Yang Relevan Dengan Perkembangan Zaman (4) Peran Peran Guru Dan Sekolah Terhadap Pengembangan Kurikulum Yang Lebih Kontekstual  Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.


Keywords


Kontekstual, Kurikulum, Pembelajaran

References


Amirin, T. M. (2012). Implementasi Pendekatan Pendidikan Multikultural. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai)Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Kontekstualdan Pengembangan Budaya Religius Di Sekolah. (2017). Kuttab.

Mohamad Rifqi Hamzah, Y. M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 554-557.

Ni Ketut Marina, I. N. (2024). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Yang Berkesan Di Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Pendekatan Terkini Dan Tantangannya. Civilia :Jurnal Kajian Hukum dan Pendidikan Kewarganegaraan, 28-29.

NW. Winasih, I. W. (2019). Pengembangan Konten E-Learning Kontekstual Pada Mata Pelajaran PKn Kelas VIII dI SMP Laboratorium Undiksha. Jurnal Teknologi Pembelajaran.

Rizka Amalia Febriyanti, M. H. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. jurnal kependidikan, 191-1932.

Ronggo Warsito*, B. I. (2023). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pkn Berbasis Kontekstual. Widya Didaktika Jurnal Ilmiah Kependidikan, 63-65.

Suhartono, E. (2018). Perubahan Pola Pembelajaran PKn Yang Tekstual. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2-4.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 64 times
PDF Download : 39 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Muallimah, Lisa Alfira Andini, Yosina Kristin Cawem Sanadi, Elisman Panggodyan Siregar, Sri Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.