Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Proses Pembelajaran IPAS di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Sukasari

Nissa Ayuni Latifah(1), Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen(2), Hatma Heris Mahendra(3),


(1) Universitas Perjuangan
(2) Universitas Perjuangan
(3) Universitas Perjuangan
Corresponding Author

Abstract


Kurikulum sangat penting di terapkan di sekolah karena dengan adanya kurikulum dapat menentukan tujuan dan hasil yang diharapkan dari pendidikan dan membantu sekolah, pendidik juga siswa dalam memahami apa yang perlu dicapai dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu  penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan juga dokumentsi data penelitian ini diambil dari kepala sekolah, satu guru kelas dan tiga orang siswa kelas IV SDN 3 Sukasari. Penelitian ini berfous pada penerapan Kurikulum Merdeka, suatu inovasi baru di sekolah yang melibatkan pengenalan pembelajaran IPAS sebagai salah satu komponennya. Oleh karena itu, dalam proses pengimplementasiannya sekolah masih dalam tahap mandiri belajar, sehingga  hanya sebagian kelas yang sudah menerapkannya .Hal ini memicu keinginan untuk meneliti lebih dalam tentang bagaimana proses pembelajaran IPAS termasuk dalam perencanaan, pelaksanaan juga evaluasi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kendala dan juga hambatan yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPAS di Kurikulum Merdeka, seperti kurangnya bahan ajar ataupun sumber ajar serta sarana dan prasarana untuk menunjang pembelajaran IPAS. Meskipun demikian guru dan sekolah berusahan mengatasi kendala dan hambatan yang terjadi dengan cara guru mencari referensi tambahan melalui internet dan melibatkna orangtua siswa untuk mendukung sumber belajar.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Implementasi, IPAS

References


Andreani, D., & Gunansyah, G. (2023). Persepsi Guru tentang IPAS pada Kurikulum Merdeka. Jpgsd, 11(9), 181-184.

Apriyanti, H. (2023). Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Education Journal : Journal Educational Research

Azzahra, I., Aan Nurhasanah, & Eli Hermawati. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS di SDN 4 Purwawinangun. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 62-68.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54.

Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22.

Ismiatun, S. R., Neliwati, N., & Ginting, B. S. (2022). Implementasi Manajemen Kurikulum di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 965–969

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. Merdeka Mengajar.

Khaidir, F., Amran, A., & Noor, I. A. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal of Elementary Education Vol.7, 7(2), 1–27.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.

Mat, M. (2013). Implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 RSBI Kota Magelang. Thesis, 38–78.

Meisin. (2022). Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I dan IV di Sdn 17 Rejang Lebong. 1–217

Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38.

Rizky D, A. K. (2020). Jenis Kesimpulan dan Saran Metode A. Jenis Kesimpulan Dan Saran Metode A, 3(5), 1–15.

Sugiyono. (2013). Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian. 1, 1–9.

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 46 times
PDF Download : 21 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nissa Ayuni Latifah, Rizki Hadiwijaya Zulkarnaen, Hatma Heris Mahendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.