Kewarganegaraan di Era Globalisasi: Tantangan dan Prospek Masa Depan

Sri Yunita(1), Nia Anjunita Sari Purba(2), Fahira Silva Dilla Nst(3), Adinda Putri Sitepu(4), Jesicana Silaban(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Artikel ini membahas prospek kewarganegaraan di era globalisasi, yang mencakup dampak globalisasi terhadap konsep kewarganegaraan, tantangan kewarganegaraan di era global, serta prospek kewarganegaraan di masa depan. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Globalisasi telah mengubah konsep tradisional kewarganegaraan yang terikat pada batas-batas negara, memunculkan konsep kewarganegaraan ganda, transnasional, dan global. Hal ini menimbulkan tantangan bagi negara dalam mengatur status kewarganegaraan, terutama terkait dengan meningkatnya mobilitas penduduk lintas batas. Prospek kewarganegaraan di era global mengarah pada konsep yang lebih inklusif dan fleksibel, tidak lagi terikat hanya pada satu identitas nasional. Identitas kewarganegaraan menjadi semakin kompleks dan cair, mengikuti realitas mobilitas penduduk.


Keywords


Kewarganegaraan, Globalisasi, Tantangan, Prospek

References


Anjani, A. (2021, Oktober Rabu). Apa Itu Apatride dan Bipatride? Ini Penjelasan Beserta Contohnya. Diambil kembali dari detikEdu: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5755129/apa-itu-apatride-dan-bipatride-ini-penjelasan-beserta-contohnya

Arief, S. A. (2020). Mengurai Kewarganegaraan Ganda (Dual Citizenship) Di Indonesia Dalam Perspektif Hak Asasi Manusia Dan Negara Kesejahteraan. Jurnal Terakreditasi Nasional, 26(4).

Ferlyansyah. (2015, Juni). Pembentukan Karakter Warga Negara Digital Sebagai Instrumen Untuk Meningkatkan Partisipasi Warga Negara Di Era Digital. Jurnal Pusham Unimed, 6(1).

Firmansyah, M. C., & Dewi, D. A. (2021, April). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa Sesuai Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 9(1).

Gusnelly. (2010). Migrasi, Kewarganegaraan, dan Partisipasi Imigran: Studi. Jurnal Kajian Wilayah, 1(1).

Nurhaidah, & Musa, M. I. (2017). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 3(1).

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., Sapriya, & Murod, M. (2023). Kajian Identitas Nasional melalui Misi Bendera Merah Putih, dan Bahasa Indonesia Abad 21. Jurnl Pendidikan Transformatif, 2(1), 284-296.

Saud, M., Ida, R., Abbas, A., Ashfaq, A., & Ahmad, A. R. (2020, April). Media Sosial dan Digitalisasi Partisipasi Politik pada Generasi. Jurnal Society, 8(1).

Silitonga, T. B. (2020). Tantangan Globalisasi, Peran Negara, dan Implikasinya terhadap Aktualisasi Nilai-nilai Ideologi Negara. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(1), 15-28.

Suparno. (2016). Analisis Pemahaman Siswa terhadap Pergeseran Nilai dan Norma pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas XI IPS Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Sintang. Jurnal Pekan, 1(2), 140-153.

Susilo, H., Ritohardoyo, S., & Zubaidi, A. (2019). Penetapan Batas Darat Indonesia–Malaysia Dan Implikasinya. Jurnal Geografi, 11(1).


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 60 times
PDF Download : 48 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sri Yunita, Nia Anjunita Sari Purba, Fahira Silva Dilla Nst, Adinda Putri Sitepu, Jesicana Silaban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.