Nilai Moral Dalam Novel Kembara Rindu Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Kholilatun Nisa’(1), Imam Syafi’i(2), Ilzamul Hikam(3),


(1) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(2) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
(3) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
Corresponding Author

Abstract


Pada Era modernisasai saat ini pendidikan dinilai belum berhasil dalam membentuk manusia seutuhnya. Padahal Pendidikan merupakan salah satu pembentuk karakter dan kepribadian manusia seutuhnya. Akan tetapi pada  faktanya dalam praktik pendidikan pembentukan kepribadian banyak mengalami degradasi moral. Oleh karena itu dari beberapa contoh kemorosotan tersebut karya sastra dapat dijadikan media pendidikan untuk mengembangkan, mengubah, dan membentuk kepribadian dan sikap siswa. Berdasarkan uraian diatas analisis nilai moral dalam sebuah novel seperti Kembara Rindu dapat menjadi alat yang efektif dalam pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan dari penelitian ini diantaranya pertama,  Untuk mendeskripsikan  dan menganalisis Bentuk nilai moral pada novel kembara rindu. Kedua untuk mendeskripsikan dan menganalisis Bagaimana implikasi nilai moral dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian deskriptif menghasilkan data yang berupa kata-kata dalam bentuk kutipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada teori pendekatan struktural menurut Levi-Strauss mencari buku-buku tentang nilai moral atau literatur lain kemudian Membaca keseluruhan cerita terlebih dahulu Menandai bagian kata, kalimat, atau penggalan dialog yang berhubungan dengan nilai-nilai moral Setelah data terkumpul kegiatan berikutnya adalah menganalisis data. Hasil dari peenelitian yang dilakukan pada novel kembara rindu di temukan beberapa bentuk nilai moral diantaranya Kasih sayang, Empati, Rasa hormat, dan Kejujuran. Adapun implikasi nilai moral dalam pembelajaran bahasa indonesia  di antaranya kesadaran akan etika berbahasa, memahami arti kebenaran, kehormatan, empati, keterlibatan sosial, sekaligus manpu mengembangkan karakter individual, dan juga yang tidak kalah pentingnya ialah akan adanya penghargaan terhadap keindahan bahasa.


Keywords


Nilai Moral, Pendidikan, Pembelajaran, Novel Kembara Rindu, Karya Sastra

References


Agus Zaenul Fitri, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Apriliani, Rahma. 2019. Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Anakku Dipotret Malaikat Karya Adnan Katino Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Anak, skripsi, Fakultas Tarbiyah.

Asri Budiningsih, 2013. Pembelajaran Moral, Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Dharma Kuruma, 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah, Bandung, PT. Remaja Posdakarya.

Endang, Purwaningsih. 2021. Keluarga dalam Mewujudkan Pendidikan Nilai Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Nilai Moral, https://jurnal.untan.ac.id/index.php/JPSH/article/view/379/382.

Fadlilatunisa, Salma. 2016. Nilai-Nilai Ahlak Dalam Novel Muhammad Al-Fatih 1453 Karya Felix Y. Siauw, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.

Fatimah Ibda, 2021. Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama http://103.107.187.25/index.php/ didaktika/article/view/457/368.

Fuadi, Anwar. 2015. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Negeri 5 Menara Karya A. Fuadi, Skripsi, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Japung, hironimus rion. 2018. Analisis psikologi sastra dan nilai pendidikan karakter d alam novel hafalan sholat delisa karya tere liye. 2022. Phd thesis. Universitas mahasaraswati denpasar. Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

Hadi Mahmud 2014. Urgensi Pendidikan Moral dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Al-Ta’dib .

Kokom St. Komariah, 2021. Model Pendidikan Nilai Moral bagi Para Remaja Menurut PerspektifIslam. http://jurnal.upi.edu/file/04 MODEL PENDIDIKAN NILAI MORAL-KOKOM.pdf.

Lexy J. Moleong,. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Zuriah, 2017. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Otong Setiawan Dj, 2018. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Bandung: Yrama Widya.

Setia Paulina Sinulingga, 2016. Teori Pendidikan Moral Menurut Emile Durkheim Relevansinya Bagi Pendidikan Moral Anak Indonesia. Jurnal.

Sukirman. 2021. Karya Sastra Media Pendidikan Karakter bagi Peserta Didik. Jurnal Konsepsi.

Syaparuddin. 2021. Peranan Pendidikan Non Formal dan Sarana Pendidikan Moral. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/317/148.

Thomas Lickona. 2013 Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, Bandung: Nusa Media..

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. 2014. (Proposal, Skripsi, Makalah dan Laopran Penelitian), Makassar: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 104 times
PDF Download : 33 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kholilatun Nisa’

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.