P5 Sebagai Upaya Mewujudkan Civic Competence Bagi Peserta Didik Sekolah Menengah pada Era Globalisasi

Agnes Natalia Sihombing(1), Andina Larasati(2), Dewi Wulandari(3), Daniel Fransisto Hutabarat(4), Sri Yunita(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Pada penerapan kurikulum merdeka, Siswa harus mampu menyusun atau melaksanakan suatu proyek. Dengan pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat mengembangkan soft skill dan karakter yang selaras dengan profil pelajar Pancasila, dengan fokus yang lebih besar pada literasi dan numerasi. Salah satu kegiatan proyek program mandiri adalah melaksanakan proyek yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka (library reserch), yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian. Ada empat langkah penelitian kepustakaan yaitu menyiapkan alat perlengkapan, menyusun bibliography kerja, membaca dan membuat catatan penelitian. Dalam konteks penelitian ini, lebih menekankan pada bagaimana pendidikan Pancasila dapat mempersiapkan peserta didik untuk berperan aktif dalam masyarakat global yang semakin terhubung dan kompleks. Topik-topik yang dibahas mencakup pemahaman tentang nilai-nilai demokrasi, partisipasi dalam kegiatan sosial dan politik, serta kemampuan untuk beradaptasi dan berkontribusi dalam lingkungan demokrasi.


Keywords


Civic Competence, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, P5

References


Eka Putri Dyahningtyas, D. R. (2024). Implementasi Penguatan Profil Pancasila Bertema Demokrasi pada Tahun Politik di SMPN 1 Mojosari. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1-9.

Rafzan, F. A. (2020). Civic Competence Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 81-89.

Sya’bani, M., & Kholidya, C. (2023). Internalisasi Nilai Demokrasi Melalui Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Guna Menangkal Radikalisme Di Kalangan Remaja (Studi Kasus Di Smkn 1 Kemlagi). In SIPTEK: Seminar Nasional Inovasi dan Pengembangan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-13.

Ulfah, N., Sumardiyani, L., Ardini, S., & Pramesti, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dengan Tema Suara Demokrasi Di Smk Negeri 6 Semarang. PRIMER: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 455-462.

Yuntawati, I. W. (2023). Projek P5 sebagai Penerapan Diferensiasi Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka: Literature Review Studi Kasus Implementasi P5 di Sekolah. Empiricism Journal, 515-525.

Zed, M. (2023). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 53 times
PDF Download : 37 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Agnes Natalia Sihombing, Andina Larasati, Dewi Wulandari, Daniel Fransisto Hutabarat, Sri Yunita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.