Analisis Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Jawa Dalam Film KKN di Desa Penari

Jessica Yolanda Lumban Gaol(1), Natasya Agatha Putri Jawak(2), Tiurma Sania V. M Munthe(3), Safinatul Hasanah Harahap(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah menganalisis nilai kearifan lokal masyarakat Jawa dalam film KKN di Desa Penari. Penelitian ini dilatar belakangi terkait dengan film bergenre tema horor, dimana penonton selalu fokus pada unsur mistik tanpa melihat nilai budayanya. Mengetahui bahwa unsur mistik yang ada di Indonesia tidak lepas dari kepercayaan, kebiasaan dan budaya masyarakat itu sendiri. Film ini menampilkan kisah enam mahasiswa yang melakukan KKN di desa dan mengalami pengalaman mistis. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis nilai kearifan lokal yang digambarkan dalam film KKN di Desa Penari. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa film KKN di Desa Penari menggambarkan nilai kearifan lokal masyarakat Jawa yang terkait dengan hubungan manusia dengan Tuhan, sesama manusia, dan diri sendiri. Film ini juga menunjukkan adanya kearifan lokal yang sulit dipercaya, seperti tumbal anak perawan yang dialihkan menjadi sesajen. Sehingga melalui analisis ini dapat membantu dalam memahami nilai kearifan lokal yang terkandung dalam film dan bagaimana film tersebut dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk memperkenalkan nilai-nilai budaya Jawa kepada generasi muda.


Keywords


Analisis, Kearifan Lokal, Masyarakat, Film

References


Ahmad, Jumad. Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Research Gate 5(9), 1-20, 2018.

Margayaningsih, Dwi Iriani. (2015). Peran Masyarakat dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Desa. 72-88.

Nurcahyanti, D., Sachari, A., & Destiarmand, A. H. (2020). Peran kearifan lokal masyarakat jawa untuk melestarikan batik tradisi di Girilayu, Karanganyar, Indonesia. Mudra Jurnal Seni Budaya, 35(2), 145-153.

Prasetyo, Donny dan Irwansyah. (2020). Memahami Masyarakat Dan Perspektifnya. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, UPH Jakarta. 1(1).

Suryanto, Hari. (2009). Film Menggunakan Kearifan Lokal Sebagai Sumber Inspirasi Penciptaan (satu cara menuju film beridentitas Indonesia). Jurnal Unair.ac.id, Universitas Airlangga Surabaya.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 80 times
PDF Download : 43 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jessica Yolanda Lumban Gaol, Natasya Agatha Putri Jawak, Tiurma Sania V. M Munthe, Safinatul Hasanah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.