Analisis Penggunaan Bahasa Internasional di Sekolah dan Implikasinya Terhadap Pengikisan Bahasa Indonesia: Perspektif Pancasila

Priscillia Febrianty Purba(1), Nancy Oktavia Siagian(2), Ovi Oktavia Kresensia Sihombing(3), Pretty Grace Banjarnahor(4), Dewi Pika Lumbanbatu(5),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
(5) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan bahasa internasional disekolah dan dampaknya terhadap  pengikisan bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan membahas dan mencari gejala-gejala sosial yang dapat diukur secara tepat dalam kehidupan yang terjadi di sekolah-sekolah. Metode penelitian kualitatif yang di dalamnya akan dibahas pula pandangan secara sosial dari suatu penelitian mengenai pancasila sebagai pendukung dari subjek penelitian dalam menganalisis dampak penggunaan bahasa internasional terhadap bahasa indonesia dari perspektif nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, tantangan secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode. Penelitian ini fokus dalam melibatkan interpretasi, pendekatan alamiah pada materi subjek penelitian. Penelitian ini juga menekankan pentingnya adaptasi nilai-nilai Pancasila di sekolah-sekolah.


Keywords


Penggunaan Bahasa Internasional, Pengikisan Bahasa Indonesia, Perspektif Pancasila

References


Aminullah, R., & Umam, M. (2020). Pancasila sebagai Wawasan Nusantara. Jurnal Al-Allam, 1(1), 1-16.

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461-467.

Kurniawatyimas, Afidahnoviantinuri, & Aiman Faiz. (2022). Kesantunan Berbahasa Sebagai Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Di Kalangan Mahasiswa. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Saragihkarolinadesi. (2022). Dampak Perkembangan Bahasa Asing Terhadap Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi. Pendidikan Tambusay, 2570.

Sari, Ratna., & Najicha, F. U. (2022). Memahami Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Kehidupan Masyarakat. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(1), 53-58.

Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910.


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 32 times
PDF Download : 12 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Priscillia Febrianty Purba, Nancy Oktavia Siagian, Ovi Oktavia Kresensia Sihombing, Pretty Grace Banjarnahor, Dewi Pika Lumbanbatu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.