Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek oleh Guru pada Sekolah Dasar

Sarah Br Ginting(1), Nayla Apriani Lubis(2), Nailah Cahyani(3), Lili Tansliova(4),


(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(4) Universitas Negeri Medan
Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan aktivitas yang mengasah keterampilan peserta didik sesuai dengan usia perkembangan sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis) untuk menganalisis jurnal dan dokumen lain mengenai guru yang menerapkan model pembelajaran tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama dalam hal keterlibatan siswa, pemecahan masalah, dan kolaborasi antar siswa. Guru-guru juga melaporkan peningkatan motivasi dan minat belajar siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran berbasis proyek dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.


Keywords


Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kualitas Pembelajaran, Guru Sekolah Dasar

References


Ginanjar, dkk. (2021). Keberhasilan Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek: Faktor-Faktor Kunci Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5542-5548.

Haryadi. Toto. 2015. Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi “Warungku”. Universitas Dian Nuswantoro. Semarang.

Juliani, A. J. (2017). The PBL Playbook: A Step-by-Step Guide to Actually Doing Project-Based Learning. Buku ini menyediakan panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan PjBL

Khasanah, S., Darsinah. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Perkembangan Psikomotorik Peserta Didik Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 281-287.

Murniarti, E. Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Universitas Kristen Indonesia, 369-380.

Thomas, J. W. (2019). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.

Waras, Kamdi. 2007. Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran. http://lubisgrafura.wordpress


Full Text: PDF

Article Metrics

Abstract View : 29 times
PDF Download : 11 times

DOI: 10.57235/ijedr.v2i2.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sarah Br Ginting, Nayla Apriani Lubis, Nailah Cahyani, Lili Tansliova

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.